Klaritasari, Anggi (2022) Aplikasi pembelajaran (e-module) bioinformatika berbasis PBL untuk mata kuliah biokimia / Anggi Klaritasari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan sasaran utama pemerintah agar masyarakat mampu bersaing dalam ranah nasional maupun global sehingga memperoleh kehidupan yang lebih baik di masa mendatang (Setiawan 2019). Salah satu tantangan pendidikan dewasa ini adalah membangun keterampilan abad 21. P21 (Partnership for 21st Century Learning) mengembangkan framework pembelajaran di abad 21 yang menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan pengetahuan dan kemampuan dibidang teknologi media dan informasi keterampilan pembelajaran dan inovasi serta keterampilan hidup dan karir. Mata kuliah Biokimia merupakan mata kuliah yang ada di Jurusan Biologi studi pendahuluan pada mahasiswa semester 3 Jurusan Biologi offering H dan I Angkatan 2020 yang telah menempuh mata kuliah Biokimia menunjukkan bahwa terdapat kesulitan dalam mata kuliah Biokimia dikarenakan materi yang sulit dipahami (69 1%) metode pembelajaran yang kurang optimal strategi perkuliahan kurang efektif dan penggunaan bahan ajar yang kurang mendukung. Bahan ajar yang selama ini digunakan hanya artikel penelitian yang ada di internet (90 6%) sehingga kurang efektif dalam menunjang perkuliahan serta kurang melatih literasi teknologi dan keterampilan pemecahan masalah. Bahan ajar menjadi solusi alternatif dari permasalahan yang ada yaitu aplikasi pembelajaran (e-module). E-module yang dikembangkan merupakan E-module bioinformatika untuk mata kuliah biokimia. 61 1% mahasiswa belum mengetahui bioinformatika. Sumber belajar yang digunakan dalam mata kuliah Biokimia belum mengaitkan dengan Bioinformatika. Asam amino dan protein merupakan salah satu materi mata kuliah Biokimia yang dapat diajarkan dengan bantuan Bioinformatika. Permodelan protein umumnya dilakukan untuk memprediksi struktur sekunder protein mengetahui sifat fisikokimia sifat hidrofobik protein dan juga untuk memprediksi struktur tiga dimensi. Pembelajaran asam amino dan protein melalui bioinformatika diharapkan dapat membantu memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap konsep protein. Berdasarkan latar belakang tersebut akan dilakukan pengembangan Aplikasi Pembelajaran (e-module) Bioinformatika berbasis PBL untuk mata kuliah biokimia untuk meningkatkan literasi teknologi dan keterampilan emecahan Masalah pada mahasiswa. Model penelitian dan pengembangan ini adalah menggunakan model Lee amp Owens. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas mahasiswa yakni mahasiswa Jurusan Biologi Uiniversitas Negeri Malang Offering G Angkatan 2021 semester 2. Desain penelitian yang digunakan yakni menggunakan pre experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Materi yang dikembangkan dalam e-module asam amino dan protein dan aplikasi Bioinformatika. Hasil uji validasi oleh ahli media ahli materi dan praktisi lapangan secara berurutan diperoleh persentase 100%. Hasil uji kepraktisan diperoleh persentase 93%. Hasil uji keefektifan diperoleh nilai yang efektif dalam kategori sedang. Hal ini dapat terjadi akibat indikator literasi teknologi dan keterampilan pemecahan masalah pada penelitian dan pengembangan ini dilatihkan di setiap langkah pembelajaran berdasarkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penunjang keberhasilan e-module efektif meningkatkan literasi teknologi dan keterampilan pemecahan masalah yakni karena e-module dibuat dengan berbasis elektronik yang memiliki kelebihan yakni dikembangkan dalam bentuk kvisoft sehingga mahasiswa lebih leluasa dalam belajar dan dapat digunakan secara online maupun offline. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini yakni E-module bioinformatika berbasis PBL valid praktis dan efektive berdasarkan hasil validasi angket respon mahasiswa dan hasil pretest - postest. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam penggunaan e-module untuk skala yang lebih luas. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang e-modul PBL mata kuliah biokimia menggunakan topik lain dan model pembelajaran selain PBL
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |