Novita, Fhani (2014) Pengembangan media pembelajaran akuntansi dengan menggunakan webquest dalam materi penyesuaian perusahaan dagang / Fhani Novita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Novita Fhani. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan WebQuest dalam Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari S. Pd. M.M (II) Hj. Yuli Widi Astuti SE M. Si Ak. Kata Kunci Media pembelajaran WebQuest Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Salah satu unsur yang berpengaruh untuk mempermudah siswa dalam memperoleh pengetahuan dan informasi adalah media pembelajaran. Saat ini guru masih sering menggunakan metode ceramah atau konvensional dengan media papan tulis atau white board dalam menyampaikan suatu materi pelajaran. Cara penyampaian materi pelajaran seperti ini mengakibatkan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga siswa kurang maksimal dalam memahami materi pelajaran yang nantinya juga akan mempengaruhi hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran WebQuest pada mata pelajaran akuntansi dengan materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang yang telah melalui proses validasi dan uji keefektifan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian pengembangan Borg And Gall yang telah dimodifikasi. Jenis data penelitian ini ada dua yaitu (1) data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari pengisian angket dari hasil validasi ahli dan uji coba produk data kuantitatif lainnya berupa nilai pretest dan posttest siswa setelah menggunakan WebQuest (2) Data kualitatif berasal dari pendapatan saran kritik atau tanggapan secara umum tentang media pembelajaran WebQuest dari validasi ahli dan uji coba lapangan terbatas (pengguna). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data angket yang di dapat setelah uji coba media pembelajaran akuntansi webquest mendapatkan penilaian dari validasi ahli media sebesar 88 89% validasi ahli materi sebesar 92 50% dan uji coba lapangan terbatas sebesar 96 78%. Sehingga diperoleh rata-rata sebesar 92 72%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran akuntansi webquest layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. Sedangkan untuk uji efektivitas berdasarkan hasil pretest dan posttest dengan uji paired sample t-test dinyatakan ada perbedaan nilai sebelum dan setelah penggunaan media. Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil besaran probabilitas (signifikansi) yaitu 0 000 0 05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran akuntansi sebelum menggunakan WebQuest dengan sesudah menggunakan WebQuest. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran WebQuest pada mata pelajaran akuntansi dengan materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi dan dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34693 |
Actions (login required)
View Item |