Nurhawa, Wa Ode (2022) Hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dan kolaborasi dengan hasil belajar kognitif mahasiswa biologi dalam pembelajaran fisiologi tumbuhan dengan menggunakan model PBL / Wa Ode Nurhawa</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan Abad ke-21 diharapkan dapat mengembangkan keterampilan yang sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan perkembangkan teknologi yang sangat pesat saat ini. Untuk itu perlu memberdayakan keterampilan pada pembelajaran Abad ke-21. Keterampilan yang penting diberdayakan yaitu keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi. Hasil analisis kebutuhan dosen pengampu matakuliah Fisiologi Tumbuhan diperoleh keterampilan pemecahan masalah dan kolaborasi jarang diberdayakan kepada mahasiswa yaitu sebesar 40%. Untuk itu perlu diberdayakan keterampilan kolaborasi kepada mahasiswa. Salah satu cara yang dapat memberdayakan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi yaitu dengan menggunakan model PBL melalui kegiatan Lesson study. Model PBL melalui Lesson study dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa serta memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan. Pada model PBL memfokuskan mahasiswa memecahkan permasalahan kontekstual. Melalui permasalahan yang diberikan akan melibatkan mahasiswa aktif dalam pembelajaran terutama saat diskusi kelompok presentasi dan tanya jawab. Mahasiswa yang aktif selama proses pembelajaran akan mempengaruhi hasil belajar kognitif mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa biologi pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan menggunakan model PBL serta mengetahui hubungan keterampilan pemecahan masalah keterampilan kolaborasi dengan hasil belajar kognitif mahasiswa Biologi pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan melalui model PBL. Rancangan penelitian merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2020 dengan jumlah populasi sebanyak 183 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Fisiologi Tumbuhan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang terpilih adalah mahasiswa offering I yang berjumlah 32 orang mahasiswa. Data pada penelitian berupa pretest dan posttest keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan kognitif serta menggunakan lembar observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Hasil yang didapat pada penelitian ini dilakukan dengan menganalisis peningkatan keterampilan pemecahan masalah keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian juga menganalisis menggunakan uji korelasi Pearson untuk melihat hubungan antar dua variabel pemecahan masalah (x1) terhadap y dan mengetahui hubungan kolaborasi (x2) terhadap hasil belajar kognitif (y) selanjutnya menganalisis menggunakan korelasi berganda untuk mengetahui kekuatan hubungan antar variabel secara bersama-sama. Hasil penelitian diperoleh 1) ada peningkatan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa menggunakan model PBL dengan rerata N-gain skor sebesar 0 22. 2) Ada peningkatan keterampilan kolaborasi mahasiswa menggunakan model PBL dengan rerata N-gain skor sebesar 0 42. 3) Ada peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa menggunakan model PBL dengan rerata N-gain skor sebesar 0 41. 4) Ada hubungan signifikan keterampilan pemecahan masalah dengan hasil belajar kognitif mahasiswa menggunakan model PBL dengan koefisien korelasi sebesar 0 491 kategori sedang dengan berkontribusi sebesar 24 1%. 5) Tidak ada hubungan signifikan keterampilan kolaborasi dengan hasil belajar kognitif mahasiswa menggunakan model PBL dengan koefisien korelasi sebesar 0 337 kategori lemah dengan kontribusi 11 4%. 6) Ada hubungan signifikan keterampilan pemecahan masalah dan kolaborasi dengan hasil belajar kognitif secara simultan menggunakan model PBL dengan koefisien korelasi sebesar 0 507 yang kategori sedang dengan berkontribusi sebesar 25 7%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan keterampilan kolaborasi dengan hasil belajar kognitif melalui model PBL atau dengan model pembelajaran yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |