Hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tulis dengan hasil belajar kognitif mahasiswa pendidikan biologi pada mata kuliah fisiologi tumbuhan dalam penerapan model pembelajaran pbl / Muh. Syahriridani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tulis dengan hasil belajar kognitif mahasiswa pendidikan biologi pada mata kuliah fisiologi tumbuhan dalam penerapan model pembelajaran pbl / Muh. Syahriridani</p>

Syahriridani, Muh. (2022) Hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tulis dengan hasil belajar kognitif mahasiswa pendidikan biologi pada mata kuliah fisiologi tumbuhan dalam penerapan model pembelajaran pbl / Muh. Syahriridani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tulis termasuk keterampilan abad ke-21 yang perlu diberdayakan dalam pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan yang digunakan untuk mengatur diri sendiri dalam memutuskan sebuah tindakan berdasarkan hasil analisis sintesis evaluasi dan aplikasi informasi. Upaya mengolah informasi dan menghasilkan sebuah kesimpulan kemudian kembali disampaikan kepada orang banyak dengan argumen yang logis dalam bentuk tulisan dilakukan dengan keterampilan komunikasi tulis. Mahasiswa yang memilki keterampilan berpikir kritis dan komunikasi tulis akan mampu beradaptasi pada perkembangan dunia global di abad ke-21 yang membutuhkan kemampuan bekerja serta penyesuaian diri dengan cepat. Keterampilan berpikir kritis dan komunikasi tulis dapat diberdayakan dalam penerapan Problem-Based Larning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis komunikasi tulis dan hasil belajar kognitif dalam penerapan PBL (2) mengetahui hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif (3) mengetahui hubungan antara keterampilan komunikasi tulis dan hasil belajar kognitif (4) mengetahui hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tulis secara simultan dengan hasil belajar kognitif (5) mengetahui sumbangan efektif keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif secara langsung (6) mengetahui sumbangan efektif keterampilan komunikasi tulis terhadap hasil belajar kognitif secara langsung (7) mengetahui koefisien jalur keterampilan komunikasi tulis terhadap hasil belajar kognitif secara tidak langsung melalui keterampilan berpikir kritis. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan PBL pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Perbaikan proses pembelajaran tiap pertemuan dilakukan dengan kegiatan Lesson Study yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan dan refleksi. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa program studi pendidikan biologi yang sedang memprogram mata kuliah Fisiologi Tumbuhan dan belajar dengan penerapan PBL. Sampel penelitian adalah kelas Offering A yang diambil secara acak. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes awal dan tes akhir menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Penilaian keterampilan komunikasi tulis mahasiswa dinilai berdasarkan isi dan konstruksi tulisan dalam menjawab soal keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Analisis data penelitian menggunakan uji korelasi sederhana dan berganda. Berdasarkan analisis data ditemukan (1) adanya peningkatan rerata skor dari tes awal ke tes akhir keterampilan berpikir kritis sebesar 21 16 keterampilan komunikasi tulis sebesar 14 55 dan hasil belajar kognitif sebesar 19 22 (2) terdapat hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan koefisien korelasi sebesar 0 453 dan kontribusi 0 205 (3) terdapat hubungan antara keterampilan komunikasi tulis dan hasil belajar kognitif dengan koefisien korelasi sebesar 0 435 dan kontribusi 0 189 (4) terdapat hubungan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tulis secara simultan terhadap hasil belajar kognitif dengan koefisien korelasi sebesar 0 471 dan kontribusi 0 222 (5) terdapat sumbangan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif sebesar 13 14% dengan koefisien jalur sebesar 0 290 (6) terdapat sumbangan keterampilan komunikasi tulis terhadap hasil belajar kognitif sebesar 9 05% dengan koefisien jalur sebesar 0 208 (7) terdapat sumbangan keterampilan komunikasi tulis terhadap hasil belajar kognitif secara tidak langsung melalui keterampilan berpikir kritis dengan koefisien jalur sebesar 0 226 Selain sumbangan dari keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi tulis terdapat sumbangan peningkatan hasil belajar kognitif oleh variabel luar yang tidak diketahui sebesar 0 882. Keterampilan berpikir kritis dapat memberi sumbangan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif. Keterampilan berpikir kritis merupakan proses berpikir yang melibatkan pengetahuan konseptual sebagai dasar pengetahuan sebelum mengambil keputusan dalam konteks berpikir kritis. Keterampilan komunikasi tulis juga mampu memberi sumbangan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dikarenakan keterampilan komunikasi tulis merupakan kegiatan menyampaikan gagasan dalam bentuk tulisan berdasarkan pengetahuan yang diperoleh dari pengolahan informasi. Keterampilan komunikasi tulis dalam memberi sumbangan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dapat dimoderasi oleh keterampilan berpikir kritis. Hal ini disebabkan dalam membuat gagasan yang benar harus dilandasi dengan informasi yang valid. Kemampuan memilih informasi yang valid memerlukan keterampilan berpikir kritis. sumbangan peningkatan hasil belajar kognitif oleh keterampilan komunikasi tulis melalui keterampilan berpikir kritis lebih besar dibanding sumbangan peningkatan hasil belajar kognitif oleh keterampilan komunikasi tulis secara langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346927

Actions (login required)

View Item View Item