Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) dengan pendekatan vark terhadap keterampilan berpikir kreatif, komunikasi, dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah fisiologi tumbuhan / Siti Annisaa\'ul Kariimah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) dengan pendekatan vark terhadap keterampilan berpikir kreatif, komunikasi, dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah fisiologi tumbuhan / Siti Annisaa\'ul Kariimah</p>

Kariimah, Siti Annisaa'ul (2022) Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) dengan pendekatan vark terhadap keterampilan berpikir kreatif, komunikasi, dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah fisiologi tumbuhan / Siti Annisaa\'ul Kariimah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu mata kuliah di Universitas Negeri Malang yaitu Fisiologi Tumbuhan memiliki beberapa CPMK sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan kebutuhan keterampilan abad ke-21. Hal ini diperlukan agar mahasiswa dapat bertahan dalam persaingan global di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Berpikir kreatif merupakan suatu kebiasaan yang perlu dilatih karena tergolong salah satu tujuan pendidikan nasional. Mahasiswa yang memiliki kreativitas dalam berpikir akan mampu menghasilkan ide unik yang berasal dari perspektif dan sudut pandang berbeda melihat hal-hal lain secara normal dan imajinatif kecenderungan melihat masalah dari berbagai perspektif dan mampu menangkap informasi untuk menghasilkan ide. Keterampilan berpikir kreatif perlu diimbangi dengan keterampilan komunikasi agar mahasiswa dapat terbiasa membangun komunikasi dalam menemukan sebuah solusi menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan komunikasi mahasiswa dapat menunjukkan seberapa luas ranah kognitif yang dimiliki. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran materi Fisiologi Tumbuhan di Universitas Negeri Malang belum memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi mahasiswa. Hal ini karena materi Fisiologi Tumbuhan bersifat abstrak dan kompleks sehingga sulit untuk dipahami serta pembelajarannya kurang memfasilitasi gaya belajar yang dimiliki mahasiswa. Pemberdayaan kedua keterampilan tersebut dapat diupayakan melalui model pembelajaran yang sesuai yaitu Problem-based Learning (PBL) dengan pendekatan Visual Auditory-aural Read-write kinesthetic (VARK). PBL dengan pendekatan VARK merupakan komponen pendukung pembelajaran yang berorientasi pada masalah untuk membangun pemikiran yang lebih kuat karena mewajibkan mahasiswa untuk berpikir dalam kelompok dengan memecahkan masalah serta mahasiswa berperan besar dalam mengontrol kegiatan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan VARK dapat meningkatkan mutu pembelajaran karena dapat menyediakan cara belajar yang berbeda sehingga dapat meningkatkan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa. Berdasarkan latar belakang masalah maka tujuan penelitian ini adalah menguji 1) pengaruh model pembelajaran PBL dengan pendekatan VARK terhadap keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan 2) pengaruh model pembelajaran PBL dengan pendekatan VARK terhadap keterampilan komunikasi mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan dan 3) pengaruh model pembelajaran PBL dengan pendekatan VARK terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan yakni pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan berupa 2 kelas Off H dan I jurusan biologi angkatan 2020 yang dipilih secara random sampling setelah dilakukan uji kesetaraan off H sebagai kelas eksperimen dan off I sebagai kelas kontrol. Instrumen pengukuran keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif berupa tes essay. Keterampilan berpikir kreatif dianalisis dengan rubrik keterampilan berpikir kreatif menurut Treffinger (2002). Penyekoran hasil belajar kognitif berdasarkan tingkat kognitif Bloom yang telah direvisi oleh Anderson dan Krathwohl (2010). Instrumen keterampilan komunikasi berupa lembar observasi dari Greenstein (2014). Analisis data menggunakan uji anakova untuk keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif uji t untuk keterampilan komunikasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh model pembelajaran PBL dengan pendekatan VARK terhadap keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Hasil menunjukkan signifikasi sebesar 0 000 lt 0 05 berarti rerata keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model PBL dengan pendekatan VARK sebesar 86 551 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model PBL tanpa dipadukan dengan pendekatan VARK sebesar 77 828 2) Ada pengaruh model pembelajaran PBL dengan pendekatan VARK terhadap keterampilan komunikasi mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Hasil menunjukkan signifikasi (2-tailed) sebesar 0 002 lt 0 05 berarti rerata keterampilan komunikasi kelas eksperimen 15 69 lebih tinggi dibandingkan dari kelas kontrol yang mendapatkan hasil 14 07. 3) Ada pengaruh model pembelajaran PBL dengan pendekatan VARK terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Hasil menunjukkan signifikasi sebesar 0 000 lt 0 05 berarti rerata hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 87 257 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 72 157. Berdasarkan temuan pada penelitian ini dapat diusulkan penggunaan model pembelajaran PBL dengan pendekatan VARK untuk memberdayakan keterampilan berpikir kreatif komunikasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346925

Actions (login required)

View Item View Item