Safitri, Ariadna (2022) Pengaruh pembelajaran problem-based learning (PBL) berbantuan electronic portfolio terhadap keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kreatif, dan literasi ilmiah siswa pada pembelajaran biologi / Ariadna Safitri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Reformasi pendidikan dan kurikulum baru-baru ini berfokus pada penggabungan keterampilan abad ke-21 secara efektif ke dalam berbagai proses pembelajaran. Pada bidang Biologi keterampilan pemecahan masalah memiliki peran penting baik dalam merumuskan masalah penyusunan langkah ilmiah hingga penetapan satu langkah solutif yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Berbagai proses berpikir yang terkandung dalam indikator pemecahan masalah merupakan pondasi untuk mempelajari keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif dapat dinyatakan sebagai salah satu pola divergen dari keterampilan berpikir realistis yang memungkinkan seseorang untuk menghubungkan masalah dari berbagai perspektif dan menemukan solusi unik. Pendidikan sains tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan masyarakat yang kreatif dalam memecahkan masalah namun juga diharapkan mampu membekali siswa dengan kemampuan literasi ilmiah. Literasi ilmiah adalah tujuan utama pendidikan sains yang bertujuan mempersiapkan generasi masa depan menjadi warga negara yang bertanggung jawab atas kemajuan dunia yang dipengaruhi oleh sains dan teknologi serta memahami dampaknya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah keterampilan berpikir kreatif dan literasi ilmiah belum tercapai sepenuhnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan penguasaan keterampilan pemecahan masalah keterampilan berpikir kreatif dan literasi ilmiah siswa yaitu melalui penerapan proses pembelajaran yang inovatif. Salah satu model pembelajaran yang banyak diadopsi untuk menunjang pembelajaran student centered dan memberdayakan keterampilan berpikir siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Problem-Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan pada proses pemecahan masalah secara berkolaborasi pada kelompok kecil. PBL memiliki esensi adanya penyajian permasalahan yang autentik dan bermakna kepada siswa penerapan PBL akan efektif jika memuat tujuan pembelajaran yang jelas embedded supports dan adanya feedback. Pemberian umpan balik dapat memotivasi siswa untuk belajar mendorong siswa untuk tertarik pada pembelajaran meningkatkan hasil belajar menimbulkan optimisme self regulating learning dan mengembangkan potensi metakognisi. Umpan balik (feedback) yang baik adalah memfasilitasi pengembangan self assessment (refleksi) dalam belajar. Penulisan refleksi dalam bentuk jurnal belajar tersebut selanjutnya dikumpulkan menjadi portofolio. Pemanfaatan teknologi dalam portofolio dapat meminimalisir penggunaan tempat penyimpanan. Rancangan penelitian menggunakan Nonrandomized Pretest Posttest Control Group Design. Penentuan sampel dengan mengambil tiga kelas yang setara melalui uji kesetaraan pada seluruh kelas XI MIPA yang ada di SMAN 1 Kepanjen. Analisis data meliputi uji normalitas data uji homogenitas varian dan uji one way anacova. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pembelajaran PBL berbantuan electronic portfolio terhadap keterampilan pemecahan masalah keterampilan berpikir kreatif dan literasi ilmiah siswa pada pembelajaran Biologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |