Oktaviani, Nurul (2022) Pengembangan unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) biologi berbasis guided inquiry pada materi \"fungi\' untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains / Nurul Oktaviani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Materi ldquo Fungi rdquo termasuk dalam pembelajaran Biologi di SMA yang ada pada Kurikulum 2013. Beberapa bagian materi ldquo Fungi rdquo masih belum dipahami secara optimal oleh para siswa. Berdasarkan hasil analisis angket yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi ldquo Fungi rsquo terutama pada materi ciri-ciri mikroskopis fungi struktur fungi dan klasifikasi fungi. Salah satu alasan siswa sulit memahami materi karena siswa belum pernah melakukan kegiatan praktikum pada materi ldquo Fungi rdquo khususnya kegiatan mengamati ciri-ciri morfologi koloni dan struktur fungi secara mikroskopis. Pembelajaran materi ldquo Fungi rdquo memerlukan keterampilan berpikir kritis. Hasil analisis kebutuhan terhadap siswa kelas XI IPA 3 tahun pelajaran 2021/2022 di SMA N 1 Gondanglegi menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini terbukti dari rerata skor yang diperoleh untuk keterampilan berpikir kritis yaitu 34 67 dengan kategori rendah. Selain itu pembelajaran materi ldquo Fungi rdquo tidak cukup jika dibelajarkan hanya dengan metode ceramah dan diskusi namun juga perlu kegiatan praktikum sehingga siswa memperoleh keterampilan proses sains. Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan keterampilan proses sains siswa juga masih rendah. Keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains yang rendah dikarenakan dalam pembelajaran belum terdapat bahan ajar yang terintegrasi dengan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Hasil analisis angket kebutuhan yang telah diberikan kepada guru menunjukkan bahwa guru sudah menggunakan UKBM sebagai bahan ajar namun belum diintegrasikan dengan model pembelajaran. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menyediakan bahan ajar berupa UKBM Berbasis Guided Inquiry. Penelitian ini bertujuan menghasilkan UKBM berbasis Guided Inquiry pada materi ldquo Fungi rdquo untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains yang valid praktis dan efektif bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analyze (analisis) design (desain) develop (pengembangan) implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi untuk ahli materi ahli pembelajaran dan praktisi lapangan angket kepraktisan dan soal-soal pretest-posttest untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains. Hasil validasi terhadap UKBM yang dihasilkan menunjukkan kriteria sangat valid dengan nilai validitas 100% (dari ahli materi) 98 86% (dari ahli pembelajaran) 98 57% (dari praktisi lapangan). Uji kepraktisan berdasarkan angket yang diberikan kepada guru memperoleh skor 94 76% dengan kategori sangat praktis dan sebesar 85 78% dari penilaian oleh siswa dengan kategori sangat praktis. Penggunaan UKBM berbasis Guided Inquiry terbukti efektif dalam meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan penghitungan hasil gain score yaitu sebesar 0 71 dengan kategori tinggi pada kelas eksperimen sedangan pada kelas kontrol hanya sebesar 0 29 dengan kategori rendah. Peningkatan keterampilan proses sains juga terjadi pada kelas eksperimen. Hal ini ditunjukkan dari hasil penghitungan gain score kelas eksperimen yaitu sebesar 0 80 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0 58 dengan kategori sedang. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa UKBM berbasis Guided inquiry pada materi ldquo Fungi rdquo yang dikembangkan telah terbukti sangat valid sangat praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan UKBM ditunjukkan dari peningkatan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi dasar penelitian lanjut sejenis pada materi selain ldquo Fungi rdquo . Guru juga diharapkan dapat mengembangkan UKBM Berbasis Guided Inquiry pada materi selain ldquo Fungi rdquo . Disamping itu hasil penelitian ini diharapkan dapat diterapkan untuk menguji pengaruh UKBM berbasis Guided Inquiry terhadap peningkatan keterampilan lain selain keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |