Pengembangan ukbm elektronik berbasis problem based learning (pbl) dengan pendekatan science, environment, technology, society (sets) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kogntif siswa / Faizah Nur Faridah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan ukbm elektronik berbasis problem based learning (pbl) dengan pendekatan science, environment, technology, society (sets) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kogntif siswa / Faizah Nur Faridah</p>

Faridah, Faizah Nur (2022) Pengembangan ukbm elektronik berbasis problem based learning (pbl) dengan pendekatan science, environment, technology, society (sets) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kogntif siswa / Faizah Nur Faridah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang menjadi tuntutan di abad ke-21 dan sudah menjadi tuntutan dalam kurikulum 2013 sesuai dengan tujuan pembelajaran Biologi yang harus mampu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Namun siswa pada satuan pendidikan menengah secara umum memiliki masalah kurangnya keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian yang dilakukan di beberapa sekolah SMA di Malang menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Temuan rendahnya keterampilan pemecahan masalah siswa juga ditunjukkan dengan hasil studi pendahuluan keterampilan pemecahan masalah pada siswa kelas XI-MIPA SMA Islam Kepanjen menggunakan instrumen tes keterampilan pemecahan masalah dalam bentuk uraian menunjukkan hasil yang sama yaitu rendahnya keterampilan pemecahan masalah. Siswa yang kurang mampu dalam memecahkan suatu masalah dapat mempengaruhi hasil belajar kognitifnya. Hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa hasil belajar kognitif siswa pada materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan mendapatkan nilai rerata dibawah nilai KKM sehingga masih perlu untuk ditingkatkan. Proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif apabila ditunjang dengan adanya bahan ajar sebagai sarana yang dapat menunjang proses pembelajaran. Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) merupakan salah satu jenis bahan ajar yang mempunyai kelebihan yaitu konten atau isinya mengutamakan pemberian stimulus belajar yang dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan kognitif siswa saat menyelesaikan suatu masalah. UKBM yang akan dikembangkan disajikan dalam bentuk elektronik berupa Google Sites yang dapat diakses dengan memanfaatkan teknologi berupa laptop atau handphone (HP). Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan membuat UKBM menjadi lebih ringan dalam genggaman. UKBM elektronik perlu dikembangkan dengan mengintegrasikan model pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan kognitif siswa yaitu Problem Based Learning (PBL). UKBM elektronik berbasis PBL yang dikembangkan juga mengintegrasikan pendekatan Science Environment Technology Society (SETS). Model PBL pendekatan SETS dapat membuat siswa tidak hanya fokus pada bidang sains untuk memecahkan masalah tetapi mampu membuat siswa berpikir secara komprehensif dari berbagai bidang ilmu dengan memperhatikan unsur SETS sehingga siswa dapat menghubungkan konsep sains yang dipelajari dengan teknologi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di lingkungan dan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menghasilkan UKBM elektronik berbasis PBL dengan pendekatan SETS yang valid dan praktis (2) menguji keefektifan UKBM elektronik berbasis PBL dengan pendekatan SETS untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dan (3) menguji keefektifan UKBM elektronik berbasis PBL dengan pendekatan SETS untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan desain instruksional berdasarkan tahapan ADDIE (Branch 2009) untuk mengembangkan UKBM elektronik berbasis PBL dengan pendekatan SETS. Tahap pengembangan UKBM elektronik terdiri dari tahap menganalisis (Analyze) merancang (Design) mengembangkan (Develop) mengimplementasikan (Implement) dan mengevaluasi (Evaluate). Tahap implementasi dilakukan sebanyak lima kali pertemuan pada siswa kelas X-MIPA SMA Islam Kepanjen di semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang sedang menempuh kompetensi dasar (KD) 3.10 dan 4.10 tentang materi Ekosistem serta KD 3.11 dan 4.11 tentang materi Perubahan Lingkungan. Desain penelitian untuk melakukan implementasi yaitu Nonrandomized Control-Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas X-MIPA SMA Islam Kepanjen. Sampel penelitian ini sebanyak 25 siswa kelas X-MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 25 siswa kelas X-MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang telah ditentukan melalui uji kesetaraan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu lembar validasi UKBM elektronik lembar validasi perangkat pembelajaran soal tes keterampilan pemecahan masalah soal tes kemampuan kognitif lembar keterlaksaan sintaks pembelajaran lembar angket respons praktisi Pendidikan Biologi (guru) dan siswa. Analisis data dengan menggunakan uji Analysis of Covarians (ANCOVA). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) UKBM elektronik berbasis PBL dengan pendekatan SETS yang dikembangkan telah valid dan praktis (2) Penggunaan UKBM elektronik berbasis PBL dengan pendekatan SETS efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dan (3) Penggunaan UKBM elektronik berbasis PBL dengan pendekatan SETS efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Pengggunaan UKBM elektronik berbasis PBL dengan pendekatan SETS melatih keterampilan pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan kognitif siswa melalui kegiatan belajar dalam UKBM elektronik yang mengintegrasikan model PBL dengan pendekatan SETS. Setiap kegiatan belajar dalam UKBM elektronik menyajikan masalah yang terjadi di kehidupan nyata sehingga mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah. Kemudian UKBM elektronik ini juga mudah digunakan oleh siswa dan guru memudahkan dalam melaksanakan proses pembelajaran dan membantu siswa untuk memahami materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346922

Actions (login required)

View Item View Item