Labibah, Novatul (2022) Pengembangan e-module mikrobiologi berbasis guided inquiry tentang pengawetan ikan melalui pengasinan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains / Novatul Labibah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran Mikrobiologi di Universitas Negeri Malang memiliki beberapa permasalahan yang meliputi rendahnya keterampilan berpikir kritis mahasiswa dan keterampilan proses sains mahasiswa yang masih berada pada kategori sedang. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar Mikrobiologi. Bahan ajar yang dikembangkan harus memuat indikator-indikator keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains serta harus memuat materi yang bersifat kontekstual dengan kehidupan sehari-hari mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-module Mikrobiologi berbasis guided inquiry tentang ldquo Pengawetan Ikan melalui Pengasinan rdquo untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains. E-module ini dikembangkan menggunakan model Lee and Owens dilakukan penilaian dan revisi melalui validasi uji coba dan implementasi. E-module ini dapat mengajarkan ldquo Uji Kualitas Mikrobiologi Ikan Beloso Asin Kering dengan Variasi Kadar Garam Berdasarkan ALT Koloni Bakteri Kontaminan rdquo ldquo Karakterisasi Ciri Morfologi Koloni Bakteri Kontaminan yang Diisolasi Dari Ikan Beloso Asin Kering rdquo dan ldquo Karakterisasi Ciri Mikroskopis Bakteri Kontaminan Pada Ikan Beloso Asin Kering Berdasarkan Pewarnaan Secara Gram rdquo . Hasil penelitian ini berupa produk e-module Mikrobiologi berbasis guided inquiry tentang ldquo Pengawetan Ikan melalui Pengasinan rdquo yang sudah valid dengan rincian nilai validitas oleh ahli materi Mikrobiologi sebesar 100% oleh ahli media dan bahan ajar sebesar 100% serta oleh ahli praktisi pendidikan Biologi sebesar 94 70%. Produk e-module bersifat praktis dengan rincian nilai kepraktisan oleh mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Mikrobiologi sebesar 98 33% dan oleh mahasiswa kelas eksperimen sebesar 86 20%. Selain itu produk e-module juga bersifat efektif dengan rincian nilai keefektifan yaitu sebesar 87 25% untuk aspek keterampilan berpikir kritis dan 78 75% untuk aspek keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney ada perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains antara mahasiswa kelas eksperimen dan mahasiswa kelas kontrol dengan nilai Sig. sebesar 0 000 lt 0 05. Mahasiswa kelas eksperimen memiliki nilai keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kedua kelas menunjukkan peningkatan nilai posttest dibandingkan dengan pretest.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |