Pengembangan modul akuntansi berbasis learning cycle 5E untuk siswa kelas XI MAN 3 Malang / Etika Rian Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul akuntansi berbasis learning cycle 5E untuk siswa kelas XI MAN 3 Malang / Etika Rian Wulandari

Wulandari, Etika Rian (2014) Pengembangan modul akuntansi berbasis learning cycle 5E untuk siswa kelas XI MAN 3 Malang / Etika Rian Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulandari Etika Rian. 2014. Pengembangan Modul Akuntansi Berbasis Learning Cycle 5E untuk Siswa Kelas XI MAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.P. (II) Sriyani Mentari S.Pd M.M. Kata Kunci Modul Learning Cycle 5E Akuntansi. 12288 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan rangkaian proses pemberdayaan potensi dan kompetensi individu untuk menjadi manusia berkualitas yang berlangsung sepanjang hayat. Apabila mencermati arah perkembangan pendidikan di era transformasi IPTEK dan globalisasi kehidupan dewasa ini nampak bahwa proses pembelajaran di kelas harus mampu mengarah pada upaya membangun iklim belajar yang kompetetif pembelajaran yang mandiri dan pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk menginternalisasi dan mentransformasi pengetahuan yang baru. Pola strategi pembelajaran tersebut oleh para ahli sering disebut dengan pendekatan konstruktivis. Oleh karena itu penguasaan pendekatan konstruktivis oleh setiap guru dalam proses pembelajaran di kelas adalah suatu keharusan agar siswa dapat mengembangkan potensi dirinya secara maksimal. Metode dan pendekatan baru banyak dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran berorientasi konstruktivistik. Salah satu yang dikembangkan adalah Learning Cycle 5E. Tujuan dari penelitian adalah untuk menghasilkan Modul Akuntansi Berbasis Learning Cycle 5E untuk Siswa Kelas XI MAN 3 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Validator modul dilakukan oleh validator ahli materi validator bahan ajar dan validator bahasa. Validator tersebut masing-masing berasal dari guru akuntansi MAN 3 Malang dosen akuntansi FE UM dan dosen sastra FS UM. Sedangkan validasi pengguna dilakukan oleh 2 guru akuntansi MAN 3 Malang dan 10 orang siswa IPS kelas XI. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala Likert. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif prosentase. 12288 12288 12288 12288 12288 Produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini adalah Modul Akuntansi Berbasis Learning Cycle 5E. Keunggulan produk ini adalah modul bersifat self-instruction sehingga siswa belajar secara mandiri modul dikembangkan dengan model Learning Cycle 5E yang masih jarang ditemui untuk matapelajaran akuntansi modul disusun dengan sistematika yang menarik dan modul telah divalidasi dan dikatakan layak sebagai bahan ajar. Hasil validasi modul akuntansi berbasis Learning Cycle 5E adalah 94 00% yang berarti memiliki kritera valid dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa modul akuntansi berbasis Learning Cycle 5E memiliki kriteria valid dan dapat dijadikan bahan ajar untuk pelajaran akuntansi di MAN 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34692

Actions (login required)

View Item View Item