Agustin, Aushofusy Syarifah (2022) Pengembangan modul elektronik berbasis problem based learning (pbl) dengan menggunakan e-pub materi hormon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, keterampilan pemecahan masalah, literasi sains, dan hasil belajar kognitif mahasiswa s1 biologi / Aushofusy Syarifah Agustin</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Era globalisasi saat ini mengarah pada peningkatan kecakapan hidup sehingga orientasi pendidikan didesain untuk berpusat pada pengembangan sumber daya masyarakat yang mempunyai keterampilan utuh atau dikenal sebagai keterampilan abad ke-21. Keterampilan abad ke-21 yang perlu ditingkatkan yakni keterampilan berpikir kreatif. Pengoptimalan keterampilan berpikir kreatif sangat penting agar mahasiswa menjadi pribadi yang kreatif inovatif dan dapat menghasilkan ide atau gagasan yang berbeda untuk memecahkan masalah. Keterampilan pemecahan masalah sangat penting dimiliki karena dapat melatih mahasiwa secara mandiri dalam mencari pemecahan masalah menghasilkan pengetahuan yang bermakna dan memberikan pengalaman yang konkret sehingga mampu menangani berbagai masalah serupa ataupun masalah yang berbeda yang ditemui dalam kehidupan nyata. Keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah berkaitan erat dengan literasi sains mahasiswa. Literasi sains membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan serta melibatkan penguasaan berpikir dan penggunaan metode ilmiah untuk memecahkan masalah baik masalah individu maupun global. Literasi sains memfasilitasi mahasiswa belajar lebih progresif agar dapat hidup berdampingan dengan masyarakat modern yang sebagian besar dipengaruhi oleh kemajuan sains dan teknologi. Keterampilan berpikir kreatif keterampilan pemecahan masalah dan literasi sains dapat melatih mahasiswa untuk berpikir pada tingkat yang lebih tinggi (higher order thinking skills). Peningkatan keterampilan pemecahan masalah keterampilan berpikir kreatif dan literasi sains pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar kognitif mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa termasuk dalam kategori kurang sedangkan literasi sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa termasuk dalam kategori sangat kurang. Oleh karena itu dalam hal ini dikembangkan modul elektronik berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan e-pub materi Hormon yang diharapkan dapat memberdayakan keterampilan berpikir kreatif keterampilan pemecahan masalah literasi sains dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik berbasis PBL dengan menggunakan e-pub materi Hormon yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif keterampilan pemecahan masalah literasi sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa S1 Biologi. Model pengembangan yang digunakan adalah desain instruksional ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Modul elektronik yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli bahan ajar ahli materi dan praktisi pendidikan Biologi. Modul elektronik juga diuji coba sebanyak tiga kali yakni uji coba perseorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif berasal dari kritik serta saran validator dan mahasiswa sedangkan data kuantitatif berasal dari hasil skor penilaian validator skor angket respons dan hasil pretest-posttest mahasiswa. Data skor validasi modul elektronik dan skor angket respons mahasiswa dianalisis dengan teknik analisis persentase data skor observasi keterlaksanaan sintaks dianalisis secara deskriptif serta data skor pretest dan posttest keterampilan berpikir kreatif keterampilan pemecahan masalah literasi sains dan hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan N-gain score. Hasil analisis kemudian dibandingkan dengan kriteria evaluasi. Persentase kevalidan modul elektronik berbasis PBL menggunakan e-pub menurut validator ahli bahan ajar ahli materi dan praktisi pendidikan biologi secara berurutan sebesar 100% 100% dan 98 4% dengan kriteria sangat valid. Persentase kepraktisan modul elektronik berbasis PBL menggunakan e-pub berdasarkan angket respons praktisi pendidikan biologi dan mahasiswa secara berurutan sebesar 97 69% dan 86 82% dengan kriteria sangat valid. Hasil observasi keterlaksanaan sintaks menyatakan bahwa sintaks PBL terlaksana dengan baik. Hasil keefektifan berdasarkan uji N-gain score menunjukkan rerata keterampilan berpikir kreatif literasi sains dan hasil belajar kognitif secara berurutan yaitu 0 58 0 64 dan 0 60 yang termasuk dalam kriteria keefektifan sedang sedangkan keterampilan pemecahan masalah memiliki rerata 0 71 yang masuk dalam kriteria tinggi. Modul elektronik berbasis PBL menggunakan e-pub materi Hormon dinyatakan sangat valid sangat praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif keterampilan pemecahan masalah literasi sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa S1 Biologi. Keunggulan modul elektronik berbasis PBL menggunakan e-pub yakni terintegrasi sintaks PBL dilengkapi dengan uraian materi berupa teks gambar video dan animasi tentang Hormon yang memudahkan mahasiswa memahami materi sesuai dengan gaya belajarnya serta dapat digunakan di berbagai perangkat elektronik. Saran pengembangan lebih lanjut adalah penambahan video pada tiap sub bahasan dan dengan bahasa Indonesia modul elektronik perlu dikembangkan berbasis multimedia interaktif gambar perlu ditingkatkan dengan kualitas lebih tinggi dan perlu dilakukan uji coba pendahuluan. Modul elektronik ini juga perlu dilakukan eksperimen untuk dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan modul elektronik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |