Umrotin, Emilia (2022) Pengembangan ensiklopedia etnobotani dilengkapi augmented reality (ar) dan quick response (qr) code berbasis pjbl untuk meningkatkan literasi digital, keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi mahasiswa s1 biologi / Emilia Umrotin</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Etnobotani merupakan disiplin ilmu yang menjelaskan interaksi antara manusia dengan tumbuhan manusia dengan lingkungan budaya dengan lingkungan yang berfokus pada pemanfaatan dan pelestarian tumbuhan tanpa merusak atau mengeksploitasinya. Melalui kajian etnobotani dapat memunculkan keterampilan berfikir kritis dan keterampilan kolaborasi terhadap pemanfaatan sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Mahasiswa sebagai agen of change bertugas untuk melestarikan sumber daya alam dan tanaman budaya lokal agar tidak punah. Keaktifan mahasiswa semakin menurun selama wabah pandemi meluas. Dampak tersebut dirasakan pada seluruh sektor Pendidikan yang merubah sistem pembelajaran secara daring agar mengurangi nilai penularan virus Covid 19. Pembelajaran daring tentu mengakibatkan terbatasnya kegiatan belajar mengajar hal tersebut dapat berdampak pada turunnya keaktifan mahasiswa akibat terbatasnya model pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan. Pada hasil studi pendahuluan kepada 15 mahasiswa S1 Jurusan Biologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah menempuh mata kuliah Etnobotani menunjukkan hasil literasi digital keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi mahasiswa masih tergolong rendah. Hal tersebut karena masih terdapat 80% mahasiswa terkendala referensi dan 60% kurangnya media pembelajaran. Mahasiswa menyatakan pembelajaran banyak dilakukan dengan kajian literatur dan diskusi presentasi menggunakan Power Point. Hasil analisis tersebut mengakibatkan mahasiswa kurang mengembangkan kemampuan literasi digital berpikir kritis dan kolaborasi sehingga perlu model pembelajaran inovatif berbasis proyek dan terintegrasi teknologi untuk dapat meningkatkan literasi digital keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi mahasiswa terhadap mata kuliah etnobotani. Berdasarkan latar belakang masalah maka penelitian ini dibuat dengan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan mendeksripsikan kevalidan kepraktisan dan keefektifan Ensiklopedia Elektronik Etnobotani dilengkapi dengan Augmented Reality (AR) dan Quick Response (QR) Code Berbasis PjBL untuk Meningkatkan Literasi Digital Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Mahasiswa S1 Biologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Model penelitian dan pengembangan ini adalah menggunakan model Lee amp Owens. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelompok mahasiswa yakni Mahasiswa Angkatan 2019 yang sedang menempuh matakuliah Etnobotani tahun akademik 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan yakni menggunakan Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Materi yang dikembangkan dalam ensiklopedia elektronik ini berisi pengayaan materi pengantar etnobotani profil dan adat budaya masyarakat suku Tengger dan pemanfaatan tumbuhan oleh masyarakat suku Tengger di Desa Podokoyo Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Terdapat tiga uji yang digunakan untuk mengetahui kelayakan pemakaian ensiklopedia elektronik yang dibuat yakni uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji pertama yang dilakukan yakni uji kevalidan dilakukan pada validator ahli materi ahli media dan praktisi Pendidikan Biologi yang memperoleh hasil bahwa ensiklopedia elektronik telah valid dan dapat diimplementasikan. Uji kedua yakni uji kepraktisan yang diberikan kepada mahasiswa dengan menggunakan angket respon kepraktisan mahasiswa yang diadaptasi dari angket respon kepraktisan dari Thiagarajan. Terdapat empat langkah uji kepraktisan yang dilakukan yakni Uji Coba Perorangan (One To One Trial) memperoleh komentar responden bahwa ensiklopedia elektronik yang dibuat yakni menarik dan mudah digunakan di setiap tempat dan waktu. Uji Coba Kelompok Kecil (Small Group Trial) memperoleh komentar responden bahwa ensiklopedia elektronik yang dibuat yakni Ensiklopedia dapat membantu menemukan langkah penelitian etnobotani. Ensiklopedia elektronik mencakup banyak kajian etnobotani scan AR dan QR code dapat mempermudah mahasiswa mengakses informasi tambahan gambar dan tampilan ensiklopedia sangat menarik. Isi materi yang disampaikan sangat jelas dan bahasa yang digunakan mudah dipahami ensiklopedia elektronik etnobotani sangat modern karena menggunakan pengembangan digital serta perlu di tambahkan lebih banyak lagi hasil penelitian etnobotani pada suku tengger. Berdasarkan uji kepraktisan yang dilakukan diperoleh hasil bahwa ensiklopedia elektronik etnobotani sangat praktis. Setelah dilakukan uji kepraktisan maka dilakukan uji keefektifan. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji keefektifan yakni ensiklopedia elektronik etnobotani dapat meningkatkan literasi digital dengan kategori keefektifan sedang keterampilan berpikir kritis kategori keefektifan sedang dan kolaborasi dengan kategori keefektifan sangat baik di setiap pertemuan yakni terjadi kenaikan. Hal ini dapat terjadi akibat adanya melatihkan indikator literasi digital keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi pada setiap langkah pembelajaran berdasarkan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL). Penunjang keberhasilan ensiklopedia elektronik efektif meningkatkan literasi digital keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Hal ini karena ensiklopedia elektronik dibuat dengan berbasis teknologi menggunakan link website yang memiliki fitur seperti menu scane AR untuk menampilkan objek 3D dan scane QR code untuk dapat melihat artikel dan tayangan video asal-usul suku Tengger. Mahasiswa dapat membaca artikel penelitian terdahulu tentang etnobotani serta membaca artikel seputar etnobotani suku Tengger maupun tumbuhan yang dapat bermanfaat melalui laman web yang telah disediakan dan memiliki kevalidan isi secara cepat. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini yakni Ensiklopedia Elektronik Etnobotani Dilengkapi dengan AR dan QR Code Berbasis PjBL efektif Meningkatkan Literasi Digital Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Mahasiswa S1 Biologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |