Firdausi, Muhammad Riza (2022) Pengembangan modul elektronik pembelajaran ekosistem dan perubahan lingkungan berdasarkan hasil penelitian bioassesment kualitas sungai gude Jombang untuk meningkatkan berpikir kritis, pengetahuan lingkungan dan perilaku lingkungan siswa MA / Muhammad Riza Firdausi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Era revolusi industri 4.0 sangat berkaitan dengan keterampilan abad ke-21 yang perlu dimiliki oleh siswa yaitu berpikir kritis. Dengan terbentuknya berpikir kritis penting untuk membentuk siswa menjadi lulusan yang kompeten dan berkarakter. Pada Kurikulum 2013 siswa diharapkan dapat mengembangkan karakter salah satunya karakter peduli lingkungan. Pembentukan karakter pengetahuan dan perilaku lingkungan didasarkan oleh banyaknya masalah lingkungan. Berdasarkan hasil wawancara berpikir kritis pengetahuan lingkungan dan perilaku lingkungan belum dikembangkan secara maksimal dalam pembelajaran. Oleh karena itu dalam hal ini dikembangkan modul elektronik ekosistem dan perubahan lingkungan dengan model pembelajaran problem based learning yang diharapkan dapat memberdayakan berpikir kritis pengetahuan lingkungan dan perilaku lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun menguji kevalidan menguji kepraktisan modul elektronik dan menguji keefektifan modul elektronik terhadap berpikir kritis pengetahuan lingkungan dan perilaku lingkungan siswa MA. Model pengembangan produk yang digunakan adalah Lee and Owen (2004) yang terdiri dari menganalisis merancang mengembangkan menerapkan dan mengevaluasi. Modul elektronik yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi ahli bahan ajar dan praktisi lapangan. Modul diterapkan pada pembelajaran menggunakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonrandomized control-group pretest ndash posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada 2 kelas X MAN 8 Jombang yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum siswa melakukan pembelajaran diberikan soal prates berpikir kritis pengetahuan lingkungan dan perilaku lingkungan dan setelah proses pembelajaran diberikan pascates berpikir kritis pengetahuan lingkungan dan perilaku lingkungan serta angket respons siswa. Jenis data pada penelitian berupa data kuantitatif meliputi skor validasi skor angket respons siswa yang dianalisis dengan teknik analisis persentase sedangkan skor prates dan pascates dianalisis menggunakan Ancova. Persentase kevalidan modul menurut ahli materi sebesar 100% tergolong sangat valid ahli bahan ajar sebesar 90% tergolong sangat valid dan praktisi lapangan sebesar 93 3% tergolong sangat baik serta hasil angket respons siswa memperoleh sebesar 86% tergolong sangat praktis. Modul elektronik dengan model PBL efektif dalam meningkatkan berpkir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Ancova sebesar 0 005 lt 0 05 sehingga ditemukan perbedaan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan modul elektronik lebih unggul daripada kelas yang menggunakan lembar kerja siswa. Modul elektronik juga efektif dalam memberdayakan pengetahuan lingkungan dengan memperoleh hasil uji Ancova sebesar 0 005 lt 0 05 yang menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan lingkungan antara siswa yang menggunakan modul elektronik dan lembar kerja siswa. Modul elektronik efektif dalam mengembangkan perilaku lingkungan siswa yang memperoleh hasil uji Ancova sebesar 0 001 lt 0 05 sehingga menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan modul elektronik dapat memberdayakan perilaku lingkungan daripada siswa yang menggunakan lembar kerja siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |