Pengembangan e-modul berbasis epub pada matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan untuk menumbuhkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Hesty Nurwijayati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis epub pada matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan untuk menumbuhkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Hesty Nurwijayati</p>

Nurwijayati, Hesty (2022) Pengembangan e-modul berbasis epub pada matakuliah struktur dan perkembangan tumbuhan untuk menumbuhkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Hesty Nurwijayati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di abad ke-21 mengharuskan peserta didik memiliki keterampilan belajar dan berinovasi keterampilan menggunakan teknologi dan media informasi dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan keterampilan untuk hidup (life skills)(Murti 2015). Peserta didik dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir kreatif (creative thinking) berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving) berkomunikasi (communication) dan berkolaborasi (collaboration) (Greenstein 2012). Peserta didik harus menguasai literasi teknologi informasi dan komunikasi. Literasi sangat penting bagi seseorang dalam memilih mengkritisi mengevaluasi menyintesis dan menggunakan informasi. Berkaitan dengan literasi teknologi seseorang harus mampu menggunakan teknologi untuk berkomunikasi di era digital (Robles 2012). Tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu sebagai menghasilkan e-modul berupa epub yang memenuhi syarat kevalidan menguji kepraktisan e-modul berbasis epub pada matakuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan II menguji keefektifan e-modul berbasis epub pada matakuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan II untuk menumbuhkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar kognitif. Keefektifan e-modul berbasis epub dalam melatih keterampilan literasi digital dan hasil belajar kognitif mahasiswa dapat diketahui melalui skor pretest dan posttest. Nilai skor pretest dan posttest dianalisis menggunakan perhitungan n-gain score pada tiap indikator. Indikator yang menjadi acuan dalam penilaian keterampilan literasi digital adalah menemukan menggunakan berbagai sumber memilih mengevaluasi mempertimbangkan sumber dan efek pesan dan menggunakan untuk menghasilkan karya asli. Rata-rata keefektifan n-gain score untuk literasi digital dan hasil belajar kognitif mahasiswa termasuk dalam kriteria sedang dengan hasil berturut-turut yaitu 0 68 dan 0 60.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346915

Actions (login required)

View Item View Item