Romadona, Fitria (2022) Pengembangan modul berbasis masalah materi ekosistem dan perubahan lingkungan terintegrasi nilai Islam dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap lingkungan siswa Kelas X MAN Kota Pariaman / Fitria Romadona</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menyusun bahan ajar dapat menentukan keberhasilan dalam proses. Modul merupakan salah satu contoh dari bahan ajar keberadaan modul dapat membantu siswa mencapai standar kompetensi dasar tujuan pembelajaran dan melengkapi peran guru sebagai satu-satunya sumber informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan modul berbasis masalah materi ekosistem dan perubahan lingkungan terintegrasi nilai Islam yang memenuhi syarat kevalidan (2) menghasilkan modul berbasis masalah materi ekosistem dan perubahan lingkungan terintegrasi nilai Islam yang praktis (3) menguji keefektifan modul berbasis masalah materi ekosistem dan perubahan lingkungan terintegrasi nilai Islam terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap lingkungan peserta didik dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran dan praktisi lapangan memiliki rerata skor sebesar 3 85 dan 3 81 (Sangat Valid). hasil angket respon siswa terhadap modul sebesar 83.2% (sangat positif) dan hasil keterlaksanaan pembelajaran berbasis masalah ad alah 88 8%. Hasil tes awal dan tes akhir berpikir kritis siswa menunjukkan ada perbedaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket sikap lingkungan siswa menunjukkan terdapat perbedaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |