Purmanna, Astrino (2022) Pengaruh stem-pjbl terhadap keterampilan berpikir kreatif dan perencanaan karier stem siswa SMP / Astrino Purmanna</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan global maju dengan sangat pesat ditandai dengan meningkatnya kebutuhan akan seperangkat keterampilan baru yang sering disebut dengan keterampilan abad ke-21. Membina keterampilan abad ke-21 pada siswa tidak mudah dicapai karena pembelajaran konvensional telah berlangsung lama. Hal ini karena guru adalah penyampai pengetahuan sedangkan siswa bertindak sebagai penerima informasi sehingga sulit bagi siswa untuk sepenuhnya terlibat dalam pembelajaran. Dengan demikian perlu perubahan kurikulum dan metode pembelajaran aktif yang berfokus pada interaksi dan masalah autentik yang memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21. Salah satu yang menjadi fokus penelitian ini yakni keterampilan berpikir kreatif dan perencanaan karier STEM. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis STEM-PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif dan perencanaan karier STEM. Penelitian ini berupa quasi experiment dengan rancangan nonrandomized control-group pretest-posttest. Partisipan penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Selatan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini terdapat dua kelas kontrol dan dua kelas eksperimen berjumlah 109 siswa. Pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran Problem-Based Learning dan kelas eksperimen menggunakan pembelajaran STEM-PjBL. Instrumen pengumpulan data berupa soal essay keterampilan berpikir kreatif serta angket perencanaan karier STEM. Analisis data keterampilan berpikir kreatif dilakukan dengan uji Quade rsquo s Rank Analysis of Covariance karena data tidak memenuhi syarat normalitas sedangkan data perencanaan karier STEM menggunakan uji Analysis of Covariance dan uji Quade rsquo s Rank Analysis of Covariance data yang tidak memenuhi syarat normalitas. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan STEM-PjBL dan Problem-Based Learning. Kelas yang menggunakan STEM-PjBL lebih baik terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa jika dibandingkan dengan kelas yang menggunakan Problem Based Learning. Pembelajaran STEM-PjBL berpengaruh terhadap perencanaan karier STEM siswa dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan STEM-PjBL dan Problem-Based Learning. Kelas yang menggunakan STEM-PjBL lebih baik terhadap perencanaan karier STEM siswa jika dibandingkan dengan kelas yang menggunakan Problem-Based Learning. Berdasarkan penelitian ini STEM-PjBL dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang aktif dan menuntut siswa untuk memberdayakan keterampilan hidup abad ke-21.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |