Pengembangan bahan ajar akuntansi berbasis discovery learning bermuatan pendidikan karakter di SMK Ardjuna 1 Malang / Yuni Alfiah

Alfiah, Yuni (2014) Pengembangan bahan ajar akuntansi berbasis discovery learning bermuatan pendidikan karakter di SMK Ardjuna 1 Malang / Yuni Alfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alfiah, Yuni. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Berbasis Discovery Learning Bermuatan Pendidikan Karakter di SMK Ardjuna 1 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suparti, M.P., (II) Dr. Eka Ananta S., S.E, M.M, Ak, CA. Kata kunci : Buku Ajar, Discovery Learning, Nilai Karakter     Implementasi kurikulum 2013 sangat tergantung kepada perubahan pola pikir guru tentang pembelajaran dan ketersediaan bahan ajar. Guru harus siap menjadi fasilitator pembelajaran serta mendorong dan mengembangkan aktivitas peserta didik, maka diperlukan adanya buku ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum saat ini sebagai sumber belajar. Bahan ajar tersebut membuat siswa aktif mencari sendiri informasi, memahami dan dapat menyimpulkan sendiri materi tersebut. Salah satu pembelajaran yang dapat mengembangkan cara belajar siswa aktif adalah discovery learning. Pembelajaran ini merupakan salah satu model yang disarankan untuk digunakan pada kurikulum 2013.     Berdasarkan hasil observasi di SMK Ardjuna 1 Malang, penggunaan sumber belajar pada pembelajaran akuntansi masih terbatas buku paket yang digunakan guru sedangkan siswa hanya mencatat apa yang ditulis guru di papan tulis. Pembelajaran lebih didominasi oleh pemberian latihan-latihan soal, sehingga dalam proses pembelajaran siswa tidak bisa membangun sikap aktif dan kreatif. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu buku ajar berbasis discovery learning bermuatan pendidikan karakter didalamnya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar akuntansi berbasis discovery learning bermuatan pendidikan karakter di SMK.     Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan Sukmadinata yang diadaptasi oleh Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah untuk disesuaikan dengan pengembangan yang akan dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang berupa angka yang dianalisis menggunakan teknik analisis persentase. Sedangkan data kualitatif adalah berupa komentar dan saran yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan revisi produk. Dari hasil analisis data validasi oleh ahli materi, ahli bahan ajar, serta dari data hasil uji pengguna terbatas terhadap buku ajar siswa, secara keseluruhan memperoleh rata-rata persentase sebesar 95,48 %. Sedangkan untuk buku petunjuk guru memperoleh rata-rata persentase sebesar 99,14%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar berupa buku ajar berbasis discovery learning bermuatan pendidikan karakter serta buku petunjuk untuk guru ini valid atau layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran akuntansi siswa SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34691

Actions (login required)

View Item View Item