Pengembangan e-module pencemaran mikroplastik di waduk sengguruh berbasis problem-based learning (pbl) dan pengaruhnya terhadap keterampilan pemecahan masalah, sikap lingkungan, dan perilaku lingkungan siswa / Eka Aghnia Syarif</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module pencemaran mikroplastik di waduk sengguruh berbasis problem-based learning (pbl) dan pengaruhnya terhadap keterampilan pemecahan masalah, sikap lingkungan, dan perilaku lingkungan siswa / Eka Aghnia Syarif</p>

Syarif, Eka Aghnia (2020) Pengembangan e-module pencemaran mikroplastik di waduk sengguruh berbasis problem-based learning (pbl) dan pengaruhnya terhadap keterampilan pemecahan masalah, sikap lingkungan, dan perilaku lingkungan siswa / Eka Aghnia Syarif</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan lingkungan merupakan masalah global salah satunya disebabkan oleh penumpukan limbah hasil aktivitas manusia terutama limbah plastik. Perilaku masyarakat yang membuang limbah plastik secara sembarangan pada perairan menyebabkan permasalahan salah satunya yaitu pencemaran mikroplastik. Ditinjau dari hal ini dapat diketahui bahwa masyarakat belum memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan yang baik sehingga life skill yang dibutuhkan untuk membentuk generasi masa depan yang peduli akan lingkungan yaitu keterampilan pemecahan masalah sikap lingkungan dan perilaku lingkungan yang dapat diberdayakan pada siswa melalui pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa keterampilan pemecahan masalah sikap lingkungan dan perilaku lingkungan siswa masih rendah kegiatan pembelajaran di sekolah belum sepenuhnya memberdayakan keterampilan pemecahan masalah sikap lingkungan dan perilaku lingkungan siswa. Selain itu siswa juga membutuhkan bahan ajar terkait lingkungan yang kontekstual serta dapat digunakan secara mandiri. Tujuan penelitian ini menghasilkan e-module pencemaran mikroplastik di Waduk Sengguruh berbasis Problem-based Learning (PBL) yang memenuhi syarat kevalidan dan kepraktisan serta menguji keefektifan e-module dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah sikap lingkungan dan perilaku lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian amp pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Lee amp Owen (2004) yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu Assesment/Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. E-module yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli materi ahli media dan bahan ajar serta praktisi pendidikan biologi. E-module diimplementasikan pada siswa di dua kelas X MIPA SMA Negeri 1 Gondanglegi TA 2021/2022 dan berlangsung selama bulan Maret-April 2022. Penerapan e-module menggunakan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan e-module dan PBL sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan buku teks dan model konvensional. Sebelum pembelajaran siswa diberikan soal pretest keterampilan pemecahan masalah sikap lingkungan dan perilaku lingkungan. Setelah pembelajaran siswa diberikan soal posttest keterampilan pemecahan masalah sikap lingkungan dan perilaku lingkungan siswa. Pembelajaran dilaksanakan secara luring sebanyak tiga kali pertemuan. Kegiatan pembelajaran 1 tentang perubahan lingkungan kegiatan pembelajaran 2 tentang pencemaran lingkungan dan kegiatan pembelajaran 3 tentang pengelolaan lingkungan dan daur ulang. Hasil persentase kevalidan e-module menurut validator ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid persentase kevalidan e-module menurut validator ahli media dan bahan ajar sebesar 100% dan persentase kevalidan e-module menurut praktisi pendidikan biologi sebesar 95 56%. Kriteria kepraktisan e-module menurut guru sebesar 98 09% dan menurut siswa sebesar 93 40%. Hasil uji keefektifan e-module menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah sikap lingkungan dan perilaku lingkungan antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan e-module dan PBL dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan buku teks dan model konvensional (p lt 0 05).

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346908

Actions (login required)

View Item View Item