Passoe, Rati Sarina (2022) Upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep mahasiswa melalui e-modul tentang daya antibakteri daun dan kulit batang cendana (santalum album) terhadap bakteri propionibacterium acnes / Rati Sarina Passoe</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu kecakapan hidup yang perlu dikembangkan melalui proses pendidikan. Namun fakta yang terjadi saat ini keterampilan berpikir kritis belum sepenuhnya dimiliki oleh mahasiswa karena kurangnya latihan berpikir dalam proses pembelajaran. Mahasiswa kurang diberi kesempatan untuk melatih kemampuan mereka dalam berpikir tentang masalah dan mencari solusi untuk menyelesaikan. Selain keterampilan berpikir kritis mahasiswa juga perlu memiliki pemahaman konsep dalam proses pembelajaran agar pembelajaran sains dapat menjadi bermakna dalam kehidupan. Ketika mahasiswa mampu memahami konsep sains dalam pembelajaran maka mahasiswa mampu memiliki keterampilan untuk berpikir untuk memecahkan masalah dalam kehidupan. Fakta saat ini menunjukkan bahwa mahasiswa lebih sering menghafal materi pembelajaran tanpa memahami konsep yang dipelajari. Hal ini membuat mahasiswa hanya sampai pada indikator C1 yaitu mengingat tanpa memahami isi materi pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep mahasiswa yang rendah dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran yang sesuai. Proses pembelajaran tersebut harus memperhatikan aspek-aspek yang menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Salah satu aspek yang berperan penting adalah media pembelajaran. Keberhasilan proses belajar mengajar dapat tercapai apabila pendidik mampu memilih media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kondisi saat ini sehingga pembelajaran tetap efektif walaupun dilakukan secara daring. Wabah corona virus disease 2019 (Covid-19) memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan khususnya Perguruan Tinggi. Perguruan tinggi dituntut untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring atau online. Dalam kondisi ini pendidik harus mampu memilih media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran jarak jauh selama pandemi. Media pembelajaran yang dapat digunakan pada kondisi ini adalah modul elektronik. Kelebihan modul elektronik adalah sebagai salah satu media pembelajaran yang disusun sistematis efektif inovatif menyenangkan dan interaktif yang membuat mahasiswa aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan pemahaman konsep mahasiswa walaupun pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran akan lebih kontekstual apabila modul elektronik dikembangkan berdasarkan kearifan lokal daerah. Salah satu kearifan lokal di Nusa Tenggara Timur adalah cendana. Cendana merupakan tanaman endemik di Nusa Tenggara Timur yang biasanya digunakan sebagai bahan wewangian karena aromanya yang khas. Cendana juga dimanfaatkan sebagai obat sakit perut sakit kulit obat penenang dan aroma terapi. Namun masyarakat termasuk mahasiswa belum memahami bahwa tanaman cendana mengandung senyawa antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri termasuk bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan maka penelitian ini perlu untuk dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Lee amp Owen. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Universitas Negeri Malang selama bulan September 2021 sampai Mei 2022. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa Jurusan Biologi semester empat yang sedang menempuh matakuliah Mikrobiologi dengan sampel sebanyak 60 mahasiswa. Sampel mahasiswa dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan e-modul dan kelompok kontrol menggunakan yang PPT dalam pembelajaran. Kedua kelas telah diuji kesetaraannya. Keterampilan berpikir kritis diukur menggunakan soal uraian dan rubrik penilaian diadaptasi dari Greenstein (2012). Pemahaman konsep diukur menggunakan soal uraian yang merujuk pada level kognitif taksonomi bloom. Data Keterampilan berpikir dan pemahaman konsep di dapatkan dari pretes dan postes. Kemudian keefektifan e-modul dianalisis menggunakan N-Gain score untuk menghitung peningkatan nilai keterampilan dan pemahaman konsep secara keseluruhan dan T-test digunakan untuk mengetahui perbedaan perubahan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep berdasarkan skor capaian pembelajaran individu antara kelompok kontrol dan eksperimen. Analisis kevalidan dan kepraktisan e-modul diukur menggunakan angket. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan e-modul efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan powerpoint. Hasil analisis dengan t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kelas e-modul dan kelas powerpoint. Hal ini dikarenakan pembelajaran menggunakan e-modul memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara mandiri dan tidak terbatas waktu. Mahasiswa juga lebih aktif dalam berdiskusi bersama teman mencari informasi dan solusi untuk menyelesaikan masalah yang disajikan dalam e-modul. Pembelajaran menggunakan PPT pada kelas kontrol kurang efektif karena memiliki keterbatasan waktu dalam pembelajaran dan hanya memuat gambar yang cenderung membuat mahasiswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. E-modul disusun secara sistematis menarik dan dilengkapi dengan video. Pada proses pembelajaran bagian pertama dan kedua terdapat video tentang tanaman cendana dan masalah jerawat yang bersumber dari youtube. Ternyata video pembelajaran tersebut dapat merangsang rasa ingin tahu mahasiswa berkaitan dengan materi yang akan dipelajari sehingga membantu membentuk pemahaman konsep mahasiswa. Pembelajaran bagian ketiga digunakan e-modul yang berisi kegiatan praktikum dan dilengkapi dengan video sebagai penuntun dalam melakukan praktikum. Video tersebut disusun berdasarkan hasil penelitian. Video ini memuat tentang alat dan bahan serta langkah kerja dalam melakukan uji daya antibakteri ekstrak daun dan kulit batang cendana. E-modul yang dilengkapi dengan video kegiatan praktikum membuat pembelajaran menjadi lebih kontekstual sehingga membantu mahasiswa memahami konsep dan terampil dalam praktikum. E-modul memiliki dampak yang berbeda dengan powerpoint. Pembelajaran menggunakan powerpoint hanya memberikan tampilan gambar dan penjelasan singkat. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa beberapa mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi praktikum karena mereka tidak melakukan secara langsung. Bagian akhir pembelajaran dalam e-modul adalah tes formatif yang berupa soal pilihan ganda dan soal evaluasi. Kedua jenis soal tersebut digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan tingkat pemahaman mahasiswa. Melalui kedua tes tersebut juga bisa diketahui perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan powerpoint dan e-modul. Materi pembelajaran yang dipilih untuk penelitian dipadukan dengan kearifan lokal yaitu daya antibakteri ekstrak daun dan kulit batang cendana terhadap pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat. Materi yang memuat kearifan lokal membuat mahasiswa lebih tertarik dan semangat dalam pembelajaran sehingga pemahaman konsep menjadi lebih baik. Materi yang disajikan ini juga melatih mahasiswa dalam berpikir sehingga meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini simpulan yang diperoleh yakni e-modul Mikrobiologi berbasis hasil penelitian valid efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran. E-modul secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep pada topik ldquo Daya Antibakteri Ekstrak Daun dan Kulit Batang Cendana rdquo yang merupakan kearifan lokal Nusa Tenggara Timur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |