Pengembangan web interaktif berbasis project based learning (pjbl) pada materi plantae untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa / Feni Eka Wulandari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan web interaktif berbasis project based learning (pjbl) pada materi plantae untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa / Feni Eka Wulandari</p>

Wulandari, Feni Eka (2022) Pengembangan web interaktif berbasis project based learning (pjbl) pada materi plantae untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa / Feni Eka Wulandari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran dilaksanakan untuk meningkatkan dan menyeimbangkan keterampilan hardskills dan softskills siswa. Namun faktanya pelaksanaan pembelajaran masih belum terlaksana dengan baik khususnya dalam melatih softskills siswa. Keterampilan berkomunikasi berkolaborasi berpikir kritis dan berpikir kreatif merupakan softskills yang dibutuhkan siswa khususnya keterampilan berpikir kreatif. Permasalahan dalam melatih keterampilan tersebut yaitu pembelajaran masih bertumpu di ranah kognitif untuk pemahaman konsep dan teori sehingga tidak melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Selain itu pelaksanaan Kurikulum 2013 belum optimal dan belum dapat menerapkan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkannya. Analisis pendahuluan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa pada materi Plantae di SMA Negeri 1 Kepanjen SMA Negeri 1 Lawang dan SMA Negeri 1 Singosari tergolong rendah. Pembelajaran Plantae dilaksanakan dengan mengingat dan menghafal toeri di kelas dan belum menerapkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model untuk membelajarkan siswa tentang Plantae yaitu pembelajaran kontekstual yang dapat mengaitkan materi yang dikaji di kelas dengan fakta lingkungan. Project Based Learning (PjBL) merupakan model belajar kontekstual berbasis proyek sehingga dapat mendukung siswa memperoleh dan mengembangkan konsep-konsep pembelajaran untuk meningatkan pemahaman kognitif siswa. Kegiatan pembelajaran melalui proyek mampu melatih keterampilan berpikir kreatif. PjBL menuntut siswa berpikir secara kreatif dengan mengemukakan ide baru dan kreatif dalam mendesain dan membuat karya selama pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan belajar di era internet membuat siswa menggunakan informasi dari berbagai sumber dan aktif mencari jawaban atas pertanyaan yang mereka pikirkan saat pembelajaran berlangsung. Integrasi Information Communication and Technology (ICT) dalam pengembangan media pembelajaran dapat membantu meningkatkan keterampilan siswa sesuai lingkungannya yang berbasis ICT. Pembelajaran berbasis web yang terntegrasi model pembelajaran dapat memfasilitasi siswa dari segi pengetahuan kompetensi keterampilan serta akses materi pembelajaran yang valid. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan web interaktif berbasis PjBL yang valid dan praktis (2) menguji keefektifan web interaktif berbasis PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee amp Owens (2004) untuk mengembangkan web interaktif berbasis PjBL. Tahap penelitian meliputi penilaian/analisis merancang web mengembangkan web implementasi dan evaluasi. Implementasi dilakukan pada siswa kelas X MIPA yang menempuh materi Plantae pada semester genap tahun akademik 2021/2022 SMA Negeri 1 Kepanjen yang terdiri dari dua kelompok. Disain penelitian untuk implementasi yaitu Pre- and Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kepanjen semester genap tahun akademik 2021/2022. Sampel sebanyak 68 siswa dipilih secara acak yang dibagi dalam kelompok eksperimen (X MIPA 5) dan kelompok kontrol (X MIPA 6) setelah uji kesetaraan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi web soal tes berpikir kreatif soal tes kognitif lembar validasi instrumen pembelajaran lembar kegiatan proyek angket respon siswa angket respon guru dan lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Analisis data menggunakan gain score dan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian adalah (1) web interaktif berbasis PjBL yang telah dikembangkan telah valid dan praktis (2) web interaktif berbasis PjBL efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif pada materi Plantae secara signifikan. Melalui penggunaan web interaktif berbasis PjBL siswa berlatih menggunakan ide kreatifnya untuk menemukan alternatif memecahankan masalah dan mengambil keputusan dalam kegiatan proyek yang mereka pilih proyek. Penggunaan web dengan model PjBL membantu siswa untuk memahami materi lebih baik pada materi Plantae melalui pembelajaran langsung di lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346906

Actions (login required)

View Item View Item