Penerapan discovery learning berbasis outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kesadaran biodiversitas dalam pembangunan berkelanjutan pada siswa SMPN 4 mori atas satap, Morowali Utara / Putu Devi Cahyani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan discovery learning berbasis outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kesadaran biodiversitas dalam pembangunan berkelanjutan pada siswa SMPN 4 mori atas satap, Morowali Utara / Putu Devi Cahyani</p>

Cahyani, Putu Devi (2022) Penerapan discovery learning berbasis outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kesadaran biodiversitas dalam pembangunan berkelanjutan pada siswa SMPN 4 mori atas satap, Morowali Utara / Putu Devi Cahyani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus setiap siklusnya terdiri atas tiga kali pertemuan. Peneliti bertindak sebagai partisipan penuh yakni sebagai perencana tindakan guru model pengamat data dan pelapor penelitian. Peneliti dibantu oleh dua orang guru yang merupakan teman sejawat peneliti dan bertindak sebagai observer untuk mengamati segala aktivitas penting dan bermanfaat selama proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 4 Mori Atas Satu Atap Morowali Utara Tahun Ajaran 2021/2022 berjumlah 17 orang. Data dalam penelitian berupa a) lembar observasi berupa keterlaksanaan pembelajaran b) hasil belajar kognitif siswa berupa evaluasi pada tiap siklus dan c) nilai kesadaran biodiversitas siswa berupa angket kesadaran biodiversitas yang mencakup tiga aspek pengetahuan sikap dan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada nilai keterlaksanaan pembelajaran sebesar 6% dari 89% di siklus I menjadi 95% di siklus II. Hasil penelitian ini juga menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 35% dari 54% pada Siklus I menjadi 94% pada Siklus II. Kesadaran biodiversitas siswa pada setiap aspek juga mengalami peningkatan. Pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan sebesar 30% dari 51% pada Siklus I menjadi 81% pada Siklus II sedangkan pada aspek sikap juga mengalami peningkatan sebesar 10% dari 81% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Pada aspek perilaku juga mengalami peningkatan sebesar 34% dari 39% pada siklus I menjadi 74% pada siklus II. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbasis outdoor study secara efektif mampu meningkatkan hasil belajar kognitif dan kesadaran biodiversitas dalam pembangunan berkelanjutan pada siswa SMPN 4 Mori Atas Satap Morowali Utara.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/346903

Actions (login required)

View Item View Item