Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis blog untuk siswa kelas XI IPS MAN Malang 1 / Isro' Nurul Badriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis blog untuk siswa kelas XI IPS MAN Malang 1 / Isro' Nurul Badriyah

Badriyah, Isro' Nurul (2014) Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis blog untuk siswa kelas XI IPS MAN Malang 1 / Isro' Nurul Badriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Badriyah Isro Nurul. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Blog untuk Siswa Kelas XI IPS MAN Malang 1. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari S.Pd. M.M (II) Sulastri S.Pd. M.SA. Kata Kunci pengembangan media akuntansi blog 12288 12288 12288 12288 Perkembangan teknologi telah menyentuh bidang pendidikan salah satu bentuknya adalah pemanfaatan komputer dan internet dalam kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran merupakan salah satu bentuk pemanfaatan internet dalam bidang pendidikan. Dalam kurun waktu terakhir ini guru memanfaatkan internet sekedar untuk mencari tambahan materi akuntansi. Berkaitan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran akuntansi berbasis blog untuk siswa kelas XI IPS MAN Malang 1. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi yaitu meliputi 1) analisis kebutuhan awal 2) pengembangan produk awal 3) validasi ahli 4) revisi produk I 5) uji coba lapangan 6) revisi produk II dan 7) produk akhir. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi oleh ahli media menyatakan bahwa secara keseluruhan media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan validitas sebesar 70 10%. Hasil validitas oleh ahli materi juga menyatakan bahwa media pembelajaran akuntansi berbasis blog yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran akuntansi dengan validitas secara keseluruhan sebesar 93 18%. Berdasarkan hasil uji coba lapangan terbatas diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan secara keseluruhan juga sudah layak dengan validitas sebesar 77 69%. Sehingga jika dirata-rata validitas media yang dikembangkan sebesar78 17%. Sedangkan berdasarkan hasil uji efektifitas sig.2 tailed 0 00 signifikansi 0 05 menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis blog yang dikembangkan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi karena terdapat peningkatan nilai siswa antara sebelum dengan setelah menggunakan media pembelajaran akuntnasi berbasis blog. 12288 12288 12288 12288 Penggunaan media pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan karakteristik siswa dan sekolah yang bersangkutan. Pemanfaatan media pembelajaran akuntansi berbais blog hendaknya didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai seperti komputer/laptop dan jaringan internet yang baik. Lebih lanjut sebaiknya dikembangkan media pembelajaran akuntansi berbasis blog dengan pokok bahasan yang lebih lengkap. Hendaknya pengembangan media pembelajaran melibatkan validator media dan validator materi yang lebih banyak agar kualitas media yang dihasilkan lebih maksimal. Uji coba lapangan hendaknya melibatkan responden lebih dari satu sekolah agar media pembelajaran yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan siswa dan dapat dimanfaatkan secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34688

Actions (login required)

View Item View Item