Pengaruh metakognisi dan metode cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian akuntansi SMKN I Bandung Tulungagung / Luqman Basir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metakognisi dan metode cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian akuntansi SMKN I Bandung Tulungagung / Luqman Basir

Basir, Luqman (2014) Pengaruh metakognisi dan metode cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian akuntansi SMKN I Bandung Tulungagung / Luqman Basir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Basir Luqman. 2014. Pengaruh Metakognisi dan Metode Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMKN I Bandung Tulungagung. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumadi S.E. M.M.. (II) Dr. Hj. Endang Sri Andayani SE. M.Si. Ak. Kata Kunci metakognisi metode coopertive scipt hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Metakognisi merupakan hal yang patut diperhatikan dalam proses pembelajaran kerena metakognisi berperan dalam mengatur proses kognitif. Dengan metakognisi siswa mampu menjadi pebelajar yang mandiri. Pada kegiatan pembelajaran dikelas metakognisi diberdayakan dengan menerapkan metode yang mampu untuk memfasilitasi kemampuan tersebut. Berdasarkan uraian tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh penerapan metode pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar (2) apakah ada pengaruh penerapan metode pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar pada siswa dengan metakognisi tinggi sedang maupun rendah (3)apakah terdapat interaksi antara metakognisi dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMKN I Bandung Tulungagung. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan desain faktorial 2 x 3. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X AK-1 dan X AK-2 di SMKN I Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2013/2014. Pemilihan subjek penelitian ini dengan cara cluster random sampling dengan mengambil sub populasi siswa pada kelas tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan postest) dan angket metakognisi(kuesioner). 12288 12288 12288 12288 Analisis akhir yang digunakan adalah anova dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh antara metode cooperative script terhadap hasil belajar siswa (FA 16 89 Ftabel 3 16 pada taraf 5%). 2) ada pengaruh antara metakognisi dan metode pembelajaran cooperative script pada siswa kategori metakognisi tinggi sedang maupun rendah terhadap hasil belajar siswa (FB 22 231 Ftabel 3 16 pada taraf 5%. 3) terdapat interaksi antara metakogisi siswa dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa (FAB 3 44 Ftabel 3 16 pada taraf 5%). 12288 12288 12288 12288 Saran dalam penelitian ini guru pengampu mata pelajaran akuntansi khususnya kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi dapat menerapkan metode cooperative script untuk memberdayakan metakognisi siswa dalam proses pembelajaran karena hasil belajar siswa yang menggunakan metode ini lebih baik dari metode konvensional dan menjadikan siswa menjadi pebelajar yang mampu melakukan perencanaan pemantauan dan evaluasi dalam belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34687

Actions (login required)

View Item View Item