Pengembangan buku ajar akuntansi berbasis integrasi-interkoneksi untuk kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Fikryyah Dwi Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar akuntansi berbasis integrasi-interkoneksi untuk kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Fikryyah Dwi Cahyani

Cahyani, Fikryyah Dwi (2014) Pengembangan buku ajar akuntansi berbasis integrasi-interkoneksi untuk kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Fikryyah Dwi Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahyani Fikryyah Dwi. 2014. Pengembangan Buku Ajar Akuntansi Berbasis Integrasi-Interkoneksi untuk Kelas XI IPS di MAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. (2) Nujmatul Laily S.Pd. M.SA. Kata Kunci Pengembangan Buku Ajar Akuntansi Integrasi-Interkoneksi. 12288 12288 12288 12288 Paradigma integrasi-interkoneksi adalah suatu upaya yang bertujuan untuk memadukan mengaitkan dan menghubungkan antara ilmu pengetahuan dengan ilmu agama. Penerapan paradigma ini sangat penting dilakukan guna memenuhi pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dikembangkan guru akuntansi di MAN 3 Malang serta diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa buku ajar akuntansi berbasis integrasi-interkoneksi sebagai alternatif bahan ajar untuk guru dan siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan buku ajar akuntansi berbasis integrasi-interkoneksi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu dan memodifikasi prosedur pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa angka diperoleh dari angket validasi buku ajar angket motivasi siswa dan tes. Data dari angket validasi buku ajar dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase sedangkan data dari angket motivasi siswa dan tes dianalisis dengan menggunakan uji t (paired-samples t test). Data kualitatif berupa komentar dan saran digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan revisi produk. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini berupa buku ajar akuntansi berbasis integrasi-interkoneksi dengan Standar Kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa untuk kelas XI IPS di MAN 3 Malang. Secara keseluruhan rata-rata persentase kelayakan buku ajar sebesar 86 71% yang berarti memiliki kriteria valid. Hal ini menunjukkan buku ajar layak untuk digunakan. Berdasarkan uji t (paired-samples t test) diketahui tingkat signifikansi (0 000) 706 (0 05) untuk motivasi siswa dan signifikansi (0 000) 706 (0 05) untuk hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa buku ajar akuntansi berbasis integrasi-interkoneksi yang menandakan bahwa buku ajar berpengaruh efektif. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar peneliti selanjutnya menambahkan ayat-ayat Alquran dan Hadis sehingga pengetahuan siswa akan keterkaitan antara Alquran Hadis dan akuntansi menjadi lebih luas. Uji coba pengguna dan uji coba produk perlu dilakukan pada subjek yang lebih luas. Untuk eksperimen hendaknya dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga keefektifan bahan ajar dapat lebih terpercaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34685

Actions (login required)

View Item View Item