Pengembangan buku ajar siklus akuntansi perusahaan jasa berbasis spreadsheet untuk siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu / Mefi Aristyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar siklus akuntansi perusahaan jasa berbasis spreadsheet untuk siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu / Mefi Aristyawati

Aristyawati, Mefi (2014) Pengembangan buku ajar siklus akuntansi perusahaan jasa berbasis spreadsheet untuk siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu / Mefi Aristyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aristyawati Mefi. 2014. Pengembangan Buku Ajar Siklus Akuntansi Perusahaan 12288 12288 12288 12288 Jasa Berbasis Spreadsheet Untuk Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulastri S.Pd. M.SA (II) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. Kata Kunci pengembangan buku ajar siklus akuntansi perusahaan jasa 12288 12288 12288 12288 spreadsheet SMA Negeri 1 Batu Buku ajar merupakan sumber belajar yang berisi bahan yang diperlukan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dituntut dalam kurikulum. Salah satu tuntutan yang dilakukan pendidik dalam melaksanakan kurikulum 2013 adalah menerapkan pembelajaran dengan berbasis TIK. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di SMAN 1 Batu masalah yang timbul ialah bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah bahan ajar yang masih membahas siklus akuntansi secara manual dimana semua proses pengerjaannya masih dilakukan pada kertas atau buku kerja. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan buku ajar siklus akuntansi perusahaan jasa berbasis spreadsheet untuk siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu dan untuk menguji apakah buku ajar yang dikembangkan tersebut efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Borg Gall yang telah dimodifikasi. Tahapan pengembangan meliputi delapan langkah yaitu (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) uji validitas produk (4) revisi produk pertama (5) uji pengguna terbatas (6) revisi produk kedua (7) uji coba lapangan dan (8) produk akhir. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian diperoleh dari hasil uji kelayakan dan uji efektifitas. Hasil uji kelayakan menunjukkan buku yang dikembangkan mendapat skor rata-rata 90 66 % dengan rincian perhitungan angket ahli materi 80 70% ahli teknis 100% dan pengguna terbatas 91 27%. Hasil uji efektifitas menggunakan dependent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0 027 dari segi hasil belajar 0 000 dari segi durasi pengerjaan dan 0 055 dari segi motivasi belajar siswa. Dengan demikian buku ajar yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan serta dinilai efektif dari segi hasil belajar dan durasi pengerjaan tetapi belum mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Saran penelitian ini adalah pengembangan produk yang akan datang dapat mengembangkan buku ajar menggunakan software dengan fitur yang lebih lengkap penambahan contoh soal dan soal-soal evaluasi yang bervariasi bahasa buku dibuat lebih komunikatif penekanan pada scientific approach dan konsistensi penulisan serta pengenalan istilah-istilah asing di dalam materi buk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34684

Actions (login required)

View Item View Item