Pengaruh motivasi menjadi guru dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi menjadi guru dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul (2014) Pengaruh motivasi menjadi guru dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khotimah Khusnul. 2010. Pengaruh Motivasi Menjadi Guru dan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triadi Agung Sudarto S.E. Ak. M.Si (II) Dr. Hj. Puji Handayati S.E M.M Ak Kata Kunci Motivasi Menjadi Guru Fasilitas Belajar di Rumah Prestasi Belajar Mahasiswa Salah satu indikator profesionalisme seorang guru atau calon guru adalah memiliki prestasi belajar yang baik. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah motivasi dan fasilitas belajar. Penelitian mengenai pengaruh motivasi berprestasi dan juga mengenai pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar telah banyak dilakukan akan tetapi jarang terdapat enelitian mengenai pengaruh motivasi menjadi guru dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar mahasiswa Berdasarkan latar belakang tersebut perlu diadakan penelitian untuk mengkaji pengaruh motivasi menjadi guru dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi menjadi guru terhadap prestasi belajar dan (2) pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2007 sampai angkatan 2009 yang berjumlah 295 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 86 siswa yang diambil dengan metode proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Seluruh penggujian dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi menjadi guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel prestasi belajar. Pengujian terhadap variabel fasilitas belajar juga menunjukkan bahwa fasilitas belajar di rumah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Pengujian pengaruh secara simultan dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa variabel motivasi menjadi guru dan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama (simultan) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian sejenis disarankan untuk menggunakan variabel lain dan jika tetap ingin menggunakan variabel yang sama maka disarankan juga meneliti mengenai tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di rumah serta menggunakan Pengukuran variabel dan metode pengambilan data yang lebih tepat dan akurat. Bagi mahasiswa disarankan untuk tidak merisaukan tinggi rendahnya motivasi menjadi guru dan ketersediaannya fasilitas belajar di rumah karena kedua variabel tersebut tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34679

Actions (login required)

View Item View Item