Hartantyo, Ronny Alim (2014) Pengaruh penggunaan media visual dalam pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Ronny Alim Hartantyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengaruh Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Progam Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Dr. Dyah Aju Wardhani M.Si Ak. Kata Kunci hasil belajar metode Numbered Head Together media visual 12288 12288 12288 Media visual pada proses pembelajaran merubah pembelajaran konvensional menuju pembelajaran yang lebih inovatif. Perubahan tersebut menuntut peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dimana guru hanya berperan sebagai fasilitator. Dengan bertambahnya tingkat keaktifan peserta didik diharapkan hasil belajar akan meningkat. 12288 12288 12288 Dalam proses pembelajaran akuntansi pada kelas X Prodi Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari peserta didik kurang memiliki motivasi dan antusiasme untuk belajar didalam kelas. Kurangnya motivasi dan antusiasme tersebut berdampak pada sikap peserta didik yang menjadi malas dan tidak bersemangat. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik juga tidak maksimal sehingga menyebabkan nilai tidak sesuai dengan rencana pembelajaran. 12288 12288 12288 Dalam pembelajaran yang dilaksanakan pada mata pelajaran akuntansi peserta didik menjadi kurang aktif sedangkan dalam pembelajaran akuntansi keaktifan peserta didik sangat diperlukan agar mereka dapat menguasai pembelalajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) menggunakan media visual. Dengan metode dan media pembelajaran tersebut siswa dapat termotivasi untuk maju dan hasil belajar menjadi meningkat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan bentuk desain nonquivalen control grup design.Penelitian ini mengukur satu subvariabel yaitu ranah kognitif. Penilaian kognitif mengukur kemampuan berpikir yang mencakup kemampuan intelektual. Penilaian hasil belajar pada penelitian ini menggunakan metode tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Pembelajaran dengan metode kooperatif model Numbered Head Together (NHT) menggunakan media visual meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Keaktifan tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi akuntansi yang dipelajari. Seiring dengan meningkatnya pemahaman siswa tentang materi akuntansi hasil belajar akan meningkat. Hal tersebut terbukti dengan hasil penelitian ini dimana pembelajaran dengan metode kooperatif model Numbered Head Together (NHT) menggunakan media visual meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi materi jurnal dibandingkan dengan pembelajaran metode kooperatif model Numbered Head Together (NHT) tanpa menggunakan media visual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34678 |
Actions (login required)
View Item |