Fariandi, Aan (2014) Penerapan Project Based Learning berbasis lesson study pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Widya Dharma Turen / Aan Fariandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fariandi Aan.2013. Penerapan Project Based Learning Berbasis Lesson Study Pada Mata Pelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Di Smk Widya Dharma Turen. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed (II) Ika Putri Larasati S.E M.com. Kata Kunci Project Based Learning Lesson Study Penelitian Tindakan Kelas Hasil belajar 12288 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran di kelas sering kali menemui masalah. Untuk itu perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut melalui penelitian tindakan kelas. Masalah pembelajaran juga terjadi pada kelas XA2 dimana hasil belajar siswa masih belum memuaskan. Untuk itu dilakukan penelitian tindakan kelas di kelas XA2 dengan menerapkan PBL berbasis lesson study. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menerapkan PBL berbasis lesson study untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas berbasis lesson study. Penelitian dilaksanakan di SMK Widya Dharma dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XA2. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang dikumpulkan dengan teknik tes observasi dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan pelaksanaan tindakan dan analisis yang dilakukan diperoleh dua kesimpulan. Pertama penerapan PBL berbasis lesson study di kelas XA2 terlaksana dengan baik. Indikator keberhasilan telah dapat dicapai dalam satu siklus. Keberhasilan tersebut karena kolaborasi konsep PTK dan lesson study dapat lebih reflektif dalam melihat proses pembelajaran. Selain itu tim lesson study dan guru pengajar juga sangat berperan sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Kedua Penerapan PBL berbasis lesson study dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut guru disarankan beberapa hal antara lain (1) memanfaatkan kolaborasi konsep PTK dan lesson study agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan (2) melaksanakan lesson study secara teratur dan memaksimalkan kerjasama dalam tim lesson study untuk memaksimalkan belajar seluruh siswa dan (3) memperhatikan semua siswa tidak hanya siswa yang berkemampuan tinggi atau hanya siswa yang berkemampuan rendah agar seluruh siswa dalam kelas dapat belajar dengan baik. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya disarankan agar menerapkan PBL berbasis lesson study dengan menggunakan proyek yang memungkinkan siswa untuk menerapkan teori yang dipelajari di kelas ke dalam praktik dilapangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34676 |
Actions (login required)
View Item |