Virginia, Noermala (2014) Penerapan strategi pembelajaran timbal balik (Reciprocal Teaching) model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mata diklat akuntansi pada siswa kelas X-AK SMK Ardjuna 01 Malang / Noermala Virginia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Virginia Noermala. 2011. Penerapan Strategi Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Model STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Mata Diklat Akuntansi Pada Siswa Kelas X-AK SMK Ardjuna 01 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Endang Sri Andayani S.E M. Si Ak (II) Dr. Cipto Wardoyo S. E M. Pd M. Si Ak. CA. Kata Kunci Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Model STAD Aktivitas Motivasi Siswa Dalam sistem belajar mengajar siswa kelas X-Ak SMK Ardjuna 01 Malang bersifat tradisional proses pembelajarannya terpusat pada guru dimana siswa kurang mendapat kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan belum maksimal terlibat dalam proses pembelajaran dan masih menggunakan diskusi kelompok biasa. Guru menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan siswa menerima informasi dengan membuat catatan. Hal ini dikarenakan siswa cenderung pasif hanya bergantung pada informasi yang disampaikan oleh guru. Untuk itu diperlukan suatu metode atau cara pembelajaran inovatif yang mampu mengarahkan siswa untuk lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas X-Ak SMK Ardjuna 01 Malang sangat kurang dan masih perlu ditingkatkan. Salah satunya alternatif adalah melaksanakan Penerapan Strategi Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Model STAD Untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa. Penerapan Strategi Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Model STAD yang dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa dalam belajar serta berani mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Model STAD yang dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran diskusi kelompok dengan empat tahap yaitu siswa sebagai questioner predictor clarifier dan summerizer. Penelitian dilaksanakan di SMK Ardjuna 01 Malang tahun ajaran 2010/2011 pada semester ganjil. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-Akuntansi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti berperan sebagai instrumen utama. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran diskusi kelompok dalam dua siklus masing-masing siklus dengan tiga kali pertemuan. Analisis data penelitian ini melalui (1) perencanaan (planning) (2) tindakan (acting) (3) pengamatan (observing) (4) refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melaksanakan Penerapan Strategi Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada setiap tahap pertemuan pada siklus I dan siklus II aktivitas dan motivasi siswa mengalami peningkatan yaitu siswa lebih aktif dan berani mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan pada saat diskusi pembelajaran kelompok sehingga motivasi belajar siswa lebih menyenangkan dan tidak merasa bosan dan jenuh selama proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34674 |
Actions (login required)
View Item |