Pradita, Argarini Rizqi Ayu (2014) Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen / Argarini Rizqi Ayu Pradita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Argarini Rizqi Ayu Pradita. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands On Activity Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas XI IPS 3 Sma Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tuharjo S.E M.Si. Ak. (II) Ika Putri Larasati S.E. M.Com. Kata kunci Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands on Activity Hasil Belajar Model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity merupakan suatu pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa untuk memahami suatu konsep pembelajaran melalui situasi dan masalah dalam kehidupan sehari-hari. pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity bertujuan untuk melibatkan siswa dalam menggali informasi dan bertanya beraktivitas dan menemukan mengumpulkan data dan menganalisis serta membuat kesimpulan sendiri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini seluruh keas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 XI IPS 2 menjadi kelas kontrol dan XI IPS 3 menjadi kelas eksperimen masing-masing kelas terdapat 30 siswa. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk hasil belajar Hasil penelitian uji t menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan hasil belajar pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity dan kelas yang menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dapat diketahui adanya peningkatan hasil belajar di kelas yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity dengan rata-rata sebesar 82 dan yang menggunakan metode ceramah dengan rata-rata 78. Kesimpulan penelitian hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity lebih baik dibandingkan di kelas yang menggunakan metode ceramah. Saran yang dapat diberikan untuk Bapak/Ibu guru dapat menerapkan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity pada materi yang memiliki banyak subtopik agar pembahasan materinya lebih mendalam dan siswa memahaminya dengan baik sehingga siswa mendapatkan hasil belajar yang optimal dan proses pembelajaran lebih efektif. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variabel dalam pengukurannya dan dapat mengembangkan penelitian ini dengan memperhatikan model pembelajaran kontekstual yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34671 |
Actions (login required)
View Item |