Prabowo, Agung (2012) Proses layanan perpustakaan berbasis TI di SMA Negeri 3 Malang / Agung Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci proses layanan perpustakaan berbasis TI Setelah ditetapkanya sebagai sekolah penyelenggara Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktur Pembinaan SMA Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor 564.a/C4/MN/2007 tentang Penetapan Sekolah Penyelenggara Program Rintisan SMA Bertaraf Internasional (SMA BI) tertanggal 15 Juni 2007 SMA Negeri 3 Malang secara bertahap terus mengembangkan sarana dan prasarana yang ada di antaranya adalah perpustakaan. Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting sebab perpustakaan yang representatif dapat memberikan dukungan dan mempunyai andil yang sangat besar terhadap berlangsungnya proses pembelajaran yang baik. Oleh sebab itu sejalan dengan tuntutan zaman upaya pengembangan fasilitas perpustakaan SMA Negeri 3 Malang terus dilakukan secara bertahap. Penelitian ini dirumuskan untuk menjawab beberapa masalah layanan perpustakaan yang representatif dan berbasis Teknologi Informasi (TI) yaitu analisis kebutuhan dalam perencanaan perpustakaan yang berbasis TI proses pelaksanaan pelayanan perpustakaan yang berbasis TI proses evaluasi terhadap layanan perpustakaan berbasis TI dan proses pengawasan di dalam layanan perpustakaan berbasis TI di SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Untuk jenis penelitiannya adalah fenomonologis. Pada penelitian ini peneliti merupakan satu-satunya pengumpul data yang melakukan sendiri teknik-teknik pengumpulan data. Oleh karena itu kepekaan peneliti sebagai instrumen kunci dalam mengkaji kasus yang berhubungan dengan objek penelitian adalah hal penting dalam mengumpulkan data. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan di dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam (indept interview) pengamatan partisipasi (participatory observation) dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan tematik yaitu dengan cara Data collection data reduction pengelompokan data pengkodean data dan Conclusion drawing/verifying. Dari teknik analisis data dapat diperoleh hasil penelitian tentang proses layanan perpustakaan berbasis TI di SMA Negeri 3 Malang. Analisis kebutuhan yang dilakukan untuk perencanaan digital library di SMA Negeri 3 Malang meliputi analisis software dan hardware kesesuaian antara software dan hardware dengan kebutuhan pengguna perpustakaan dan keadaan sumber pustaka yang ada pada digital library. Pelaksanaan layanan perpustakaan digital yang ada di SMA Negeri 3 Malang meliputi jenis-jenis sumber pustaka pada digital library pelaksanaan layanan digital library pelatihan dan buku petunjuk bagi pengguna perpustakaan digital personil yang membantu digital library tata tertib dan prosedur layanan digital library dan pencatatan terhadap pemakai layanan. Evaluasi layanan perpustakaan digital yang ada di SMA Negeri 3 Malang meliputi persediaan bahan pustaka dan hardware pada digital library sumber pustaka yang sering diminati pengguna digital library pendayagunaan software atau menu di digital library teknik evaluasi digital library dan tindak lanjut atau proteksi terhadap bahan pustaka yang tidak berguna. Sedangkan pengawasan yang dilakukan untuk layanan digital library di SMA Negeri 3 Malang meliputi pengawasan yang dilakukan pustakawan terhadap pengguna perpustakaan di dalam mengakses sumber pustaka dan proteksi terhadap situs yang tidak bermanfaat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |