Setyasari, Firmia Eka (2014) Efektivitas metode pembelelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) tehadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Kota Malang / Firmia Eka Setyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setyasari Firmia Eka. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Kota Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suparti M.P. (2) Dr. Sunaryanto M. Ed. Kata Kunci Model Pembelajaran TAI Prestasi Belajar Akuntansi. Permasalahan dalam dunia pendidikan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran akuntansi adalah siswa yang masih kurang aktif. Selain itu guru dalam pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional. Hal ini sama seperti hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas XI IPS SMAN 2 Malang. Dalam kegiatan pembelajaran siswa terlihat pasif hal ini ditandai dengan terdapat siswa yang terlihat bosan dan berbicara sendiri dengan temannya. Hal ini dapat mengakibatkan siswa tidak memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru sehingga nilai yang diperoleh siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan. Upaya yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran TAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah ada perbedaan prestasi belajar akuntansi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvesional pada siswa kelas XI IPS SMAN 2 Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis Quasi-experimental design dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS E2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas XI IPS D4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest serta lembar observasi. Kegiatan analisis data dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan antara soal pretest dan soal posttest. Dan metode pembelajaran TAI mendapat respon yang positif dari siswa saat proses pembelajaran di kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpukan bahwa metode kooperatif tipe TAI lebih baik atau lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun keterbatasan penelitian ini adalah hanya mengukur kemampuan kognitif. Disarankan untuk penelitian selanjutnya tidak hanya mengukur kemampuan kognitif tetapi juga kemampuan afektif dan psikomotorik. Untuk mendapatkan hasil yang optimal perlu dibiasakan menggunakan metode TAI ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34667 |
Actions (login required)
View Item |