Pemanfaatan blog dan quiz online untuk meningkatkan pemahaman materi bagi siswa di SMAN 6 Malang / Rintis Apri Fadli - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan blog dan quiz online untuk meningkatkan pemahaman materi bagi siswa di SMAN 6 Malang / Rintis Apri Fadli

Fadli, Rintis Apri (2014) Pemanfaatan blog dan quiz online untuk meningkatkan pemahaman materi bagi siswa di SMAN 6 Malang / Rintis Apri Fadli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Apri Fadli Rintis. 2013. Pemanfaatan Blog dan Quiz Online untuk Meningkatkan Pemahaman Materi bagi Siswa di SMAN 6 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak (II) Sriyani Mentari S.Pd. M.M Kata Kunci media blog pembelajaran Berdasarkan studi awal yang dilakukan peneliti di SMAN 6 Malang peneliti menemukan permasalahan yang berkenaan dengan kegiatan pembelajaran yang terjadi pada siswa kelas XI. Siswa yang sedang melaksanakan pembelajaran kurang termotivasi dan kurang aktif bertanya dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung karena proses pembelajaran yang kurang variatif. Oleh karena itu diperlukan pengembangan media pembelajaran berbasis blog dan quiz online untuk memudahkan dan memotivasi kegiatan pembelajaran bagi siswa. Adapun penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran akuntansi berbasis blog dan bagi siswa kelas XI IPS di SMAN 6 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah pengembangan. Langkah-langkah pengembangan tersebut meliputi (1) analisis kebutuhan awal (2) mengembangkan produk awal (3) validasi ahli (4) revisi media (5) uji coba lapangan (6) revisi media dan (7) produk akhir. Validasi media pembelajaran berbasis blog dan quiz online dilakukan oleh tiga subyek yaitu satu ahli materi satu ahli media dan siswa. Secara umum komponen pada blog dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu penyajian materi pengelolaan kelas (interaktivitas) dan evaluasi. Penyajian materi pada blog menyesuaikan langkah-langkah pembelajaran dari Gagne. Untuk meciptakan interaktivitas dalam pembelajaran peneliti memanfaatkan media komentar yang telah disediakan pada setiap akhir materi dan email. Evaluasi dalam blog memuat dua jenis evaluasi yaitu tugas terstruktur dan kuis interaktif. Berdasarkan data hasil validasi diperoleh penilaian dari validasi ahli materi sebesar 74 17% validasi ahli media sebesar 81 54% dan uji coba terbatas sebesar 87 50%. Apabila hasil validasi tersebut dihitung secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 81 07%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis blog layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi bagi siswa kelas XI IPS. Berdasarkan hasil pengembangan di atas maka disarankan (1) Guru diharapkan dapat menyampaikan materi dengan model yang menarik dan terstruktur melalui pembelajaran media blog (2) Sekolah hendaknya memiliki wacana baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah (3) Peneliti lain diharapkan melakukan penelitian sejenis sebagai bahan referensi dan pertimbangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34666

Actions (login required)

View Item View Item