Pengembangan modul akuntansi berbasis pendidikan karakter dengan pendekatan pembelajaran kontektual untuk kelas X Jurusan akuntasi di SMK Islam Batu / Eko Trisnaning Tias - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul akuntansi berbasis pendidikan karakter dengan pendekatan pembelajaran kontektual untuk kelas X Jurusan akuntasi di SMK Islam Batu / Eko Trisnaning Tias

Tias, Eko Trisnaning (2014) Pengembangan modul akuntansi berbasis pendidikan karakter dengan pendekatan pembelajaran kontektual untuk kelas X Jurusan akuntasi di SMK Islam Batu / Eko Trisnaning Tias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tias Eko Trisnaning. 2013. Pengembangan Modul Akuntansi Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Kelas X Jurusan Akuntansi Di Smk Islam Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi PendidikanAkuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Sriyani Mentari S.Pd M.M (II) Dr. Eka Ananta Sidharta S.E M.M Ak Kata Kunci Modul pendidikan karakter pembelajaran kontekstual Kecerdasan yang dimiliki manusia merupakan salah satu anugerah besar dari Allah SWT. Dengan kecerdasannya manusia dapat terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kualitas dirinya. Peningkatan kualitas diri dapat dilakukan dengan melalui kecerdasan intelektual (IQ) kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Kecerdasan intelektual (IQ) dapat berkembang baik apabila generasi penerus bangsa mendapatkan banyak pengalaman dan latihan-latihan. Pengalaman yang banyak dapat diperoleh melalui pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa sehari-hari baik dalam lingkungan keluarga sekolah masyarakat maupun warga negara dengan tujuan untuk menemukan makna materi tersebut bagi kehidupannya (Komalasari 2011 7). Kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual dapat ditingkatkan melalui pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan 1) untuk merancang dan mengembangkan Modul Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Berbasis Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual 2) untuk melakukan validasi terhadap Modul Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Berbasis Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan 3) untuk melakukan uji efektivitas terhadap Modul Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Berbasis Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model Borg dan Gall. Prosedur pengembangan modul berdasarkan model pengembangan meliputi analisis kebutuhan membuat modul uji kelayakan modul oleh validator revisi modul ke-1 uji coba modul kepada pengguna terbatas revisi modul ke-2 dan menghasilkan produk akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 74 5% ahli mutu modul sebesar 97 2% dan uji coba lapangan terbatas sebesar 88% secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 86 67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa modul laporan keuangan perusahaan jasa berbasis pendidikan karakter dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil uji t-tes menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34664

Actions (login required)

View Item View Item