Pengembangan modul akuntansi berbasis guided discovery untuk kelas X SMK Kepanjen Kabupaten Malang / Yeyen Rachmat Ardila

Ardila, Yeyen Rachmat (2013) Pengembangan modul akuntansi berbasis guided discovery untuk kelas X SMK Kepanjen Kabupaten Malang / Yeyen Rachmat Ardila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ardila, Yeyen Rachmat. 2013. Pengembangan Modul Akuntansi Berbasis Guided Discovery untuk Kelas X SMK Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sriyani Mentari, S.Pd, M.M, (II) Diana Tien Irafahmi, S.Pd, M.Ed. Kata Kunci : Modul Akuntansi Berbasis Guided Discovery Ciri proses pembelajaran yang baik salah satunya adalah pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan mengembangkan kreativitas siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat mengembangkan cara belajar siswa aktif adalah penemuan terbimbing (guided discovery). Guided discovery merupakan pembelajaran yang menekankan pada kegiatan belajar yang lebih bersifat aktif karena ada sejumlah proses mental yang dilakukan siswa. Guided discovery memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatannya masing-masing karena siswa menemukan sendiri konsep, pengertian atau prinsip-prinsip umum. Hal tersebut sesuai dengan modul yang merupakan suatu paket yang disediakan untuk belajar mandiri sehingga guided discovery sangat cocok untuk diintegrasikan di dalam modul. Berdasarkan observasi di SMK Kepanjen, penggunaan sumber belajar pada pembelajaran akuntansi masih terbatas pada buku paket yang difotocopy dan soal-soal latihan yang diberikan oleh guru. Pembelajaran lebih didominasi oleh pemberian latihan-latihan soal sehingga dalam proses pembelajaran siswa tidak bisa membangun sikap aktif dan kreatif. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengembangkan bahan ajar yang dapat mendukung proses pembelajaran yaitu modul dengan muatan guided discovery di dalamnya. Modul dikembangkan dengan mengadaptasi metode pengembangan Borg dan Gall yang meliputi analisis kebutuhan, pengembangan produk, revisi pertama, uji coba lapangan terbatas, revisi kedua, dan produk akhir. Uji kelayakan dilakukan melalui validasi ahli pengembangan bahan ajar, ahli materi, dan uji coba lapangan terbatas (siswa) sedangkan uji efektifitas dilakukan dengan menggunakan gainscore (selisih nilai posttest dan pretest) siswa. Hasil uji kelayakan menunjukkan modul yang dikembangkan valid dengan rata-rata total penilaian 91,86%. Walaupun sudah dinyatakan valid, revisi tetap dilakukan pada beberapa bagian yang ditunjukkan oleh validator. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan efektif. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai signifikansi uji Independent Sample T-Test sebesar 0,000. Modul ini dapat digunakan oleh siswa untuk membantu menemukan konsep, pengertian atau pengetahuan baru mengenai laporan keuangan perusahaan dagang. Bagi guru, modul ini berguna sebagai bahan ajar penunjang proses pembelajaran. Bagi peneliti lain, dapat dijadikan inspirasi atau rujukan dalam mengembangkan bahan ajar yang lebih baik lagi pada materi akuntansi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34662

Actions (login required)

View Item View Item