Pengembangan modul pembelajaran akuntansi dengan model learning cycle 4-E untuk siswa SMA / Efrillia Rochmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran akuntansi dengan model learning cycle 4-E untuk siswa SMA / Efrillia Rochmawati

Rochmawati, Efrillia (2013) Pengembangan modul pembelajaran akuntansi dengan model learning cycle 4-E untuk siswa SMA / Efrillia Rochmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rochmawati Efrillia. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Akuntansi dengan Model Learning Cycle 4-E untuk Siswa SMA. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triadi Agung Sudarto S.E M.Si Ak. (II) Dr. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd M.Si Ak. Kata kunci Modul Model Learning Cycle 4-E Borg dan Gall Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu kualitas kehidupan suatu bangsa. Perkembangan dunia pendidikan akhir-akhir ini sangat pesat. Sekolah bersaing dengan ketat untuk menunjukkan kelebihan serta mutu terbaiknya menjadi penanda perkembangan tersebut. Berbagai perangkat mengajar tersebut mendukung terwujudnya sekolah yang berkualitas dan berdaya saing tinggi serta menghasilkan output yang dapat dipertimbangkan bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional. Pemerintah juga melakukan perbaikan mutu pendidikan yaitu menyempurnakan kurikulum. Kurikulum yang dikembangkan saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disempurnakan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi sejak 2006. Berbagai model strategi dan pendekatan banyak dikembangkan untuk menunjang pendidikan yang lebih baik. Salah satunya adalah model pembelajaran Learning Cycle 4-E. Model pembelajaran ini memiliki langkah yang lebih sederhana dibanding model Learning Cycle lainnya namun telah merangkum semua langkah model pembelajaran Learning Cycle 3-E sampai 7-E. Tujuan dari penelitian adalah untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Akuntansi dengan Model Learning Cycle 4-E untuk SMA dan kelayakannya ditinjau dari hasil validasi isi dan emprik. Modul dikembangkan dengan mengadopsi 5 langkah dari 10 langkah desain Borg Gall yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (planning) (3) pengembangan draft produk (4) uji coba lapangan awal (5) merevisi hasil uji coba. Validasi modul dilakukan oleh validator ahli materi dan validator ahli desain pembelajaran yaitu dua orang dosen akuntansi FE UM dan dua orang guru SMA Negeri 1 Kepanjen. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala Likert. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Angket dianalisis dengan menggunakan teknik analisis nilai rata-rata presentase dan disimpulkan dengan konversi tingkat pencapaian dengan skala 5. Produk dari penelitian pengembangan ini modul pembelajaran akuntansi dengan model learning cycle 4-E untuk SMA. Secara keseluruhan modul siswa memliki presentase sebesar 86 29%. Hasil tersebut merupakan penilaian dari validator dan uji coba lapangan. Sedangkan modul guru yang divalidasi oleh validator ahli materi dan desain pembelajaran memperoleh rata-rata presentase 85 93%. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran akuntansi dengan model learning cycle 4-E untuk SMA memiliki kriteria valid dan dapat dijadikan bahan ajar mata pelajaran ekonomi SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34661

Actions (login required)

View Item View Item