Mailina, Laila (2013) Pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah dan lingkungan sekolah terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Laila Mailina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mailina Laila. 2013. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Citra Sekolah dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Dr. Puji Handayati S.E. M.M. Ak. Kata kunci persepsi citra sekolah lingkungan sekolah motivasi belajar prestasi belajar. Citra dan lingkungan sekolah merupakan komponen penunjang tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan. Dengan citra dan lingkungan sekolah yang baik akan menimbulkan persepsi siswa untuk lebih termotivasi dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh langsung persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMK Ardjuna 2 Malang (2) pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa di SMK Ardjuna 2 Malang (3) pengaruh langsung persepsi siswa tentang lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMK Ardjuna 2 Malang (4) pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa di SMK Ardjuna 2 Malang (5) pengaruh langsung motivasi terhadap prestasi belajar siswa di SMK Ardjuna 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang dilakukan pada 51 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang citra sekolah dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa (2) persepsi siswa tentang citra sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa (3) persepsi siswa tentang lingkungan sekolah dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa (4) persepsi siswa tentang lingkungan sekolah berpengaruh pada prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa (5) motivasi belajar siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah (1) pihak sekolah harus selalu mengupayakan untuk menjadikan citra sekolah dan lingkungan sekolah yang semakin baik bagi siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (2) siswa diharapkan sebisa mungkin selalu meningkatkan motivasi belajarnya sehingga prestasi belajar meningkat dan (3) bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas lagi sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34660 |
Actions (login required)
View Item |