Qodir, Moh Barnabas Habibul (2012) Teknik evaluasi pendidikan Madrasah Diniyah Matholi'ul Huda (Studi kasus di Pondok Pesantren Salafiyah Putra Miftahul Huda Malang) / Moh Barnabas Habibul Qodir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci teknik evaluasi pendidikan evaluasi pendidikan madrasah diniyah Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan Islam yang secara umum memberikan pendidikan Agama Islam yang bertujuan menjadikan santri-santrinya atau peserta didiknya sebagai manusia yang ahli di bidang agama dan ilmu pengetahuan serta berahlak mulia. Maka dari itu teknik evaluasi pendidikan benar diperlukan dalam suatu pondok pesantren yang menyelenggarakan sistem madrasah diniyah dalam proses pendidikannya karena pesantren merupakan suatu komunitas tersendiri dimana kyai ustadz santri dan pengurus pesantren hidup bersama dalam suatu asrama berlandaskan norma-norma dan adat istiadat sendiri yang secara eksklusif berbeda dengan masyarakat pada umumnya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) profil dan sistem pendidikan Madrasah Diniyah Matholi ul Huda (MMH) di Pondok Pesantren Salafiyah Putra Miftahul Huda Malang(PPMH) (2) teknik evaluasi pendidikan MMH (3) perencanaan teknik evaluasi pendidikan MMH (4) pelaksanaan teknik evaluasi pendidikan MMH (5) pengolahan teknik evaluasi pendidikan MMH (6) pelaporan teknik evaluasi pendidikan MMH dan (7) faktor penghambat dan pendukung teknik evaluasi pendidikan MMH. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini tidak menguji hipotesis melainkan memaparkan dan mengolah data. Jenis penelitian ini adalah studi kasus karena merupakan serangkaian kegiatan penyelidikan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara intensif dan terperinci suatu gejala atau unit sosial tertentu seperti individu kelompok komunitas atau lembaga. Dengan cara mengamati manajemen pembelajaran proses belajar mengajar dan teknik evaluasi pendidikan MMH secara mendalam. Dalam penelitian ini peneliti sendirilah yang berperan sebagai instrumen kunci. Sedangkan subjek penelitian adalah Pengasuh PPMH Kepala dan Wakil MMH Ketua dan Wakil Pengurus Harian PPMH Pengurus MMH Ustadz/Pengajar MMH dan Santri MMH mulai dari tingkat ula (dasar) wustho (menengah pertama) dan ulya (menengah atas). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian pada saat wawancara hasil observasi dan dokumen yang berkaitan dengan teknik evaluasi pendidikan. Setelah data tersebut diperoleh kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data dengan metode triangulasi perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang adanya program dan berdirinya lembaga pendidikan MMH lantaran berdirinya PPMH. Metode pendidikan iii yang ada di MMH dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu sebagai berikut (1) sorogan (2) bandongan (3) halaqah dan (4) metode yang terakhir adalah hafalan. Teknik evaluasi pendidikan yang ada di madrasah dilihat dari dua segi yaitu santri dan ustadz. Teknik evaluasi pendidikan yang ada di MMH yaitu menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik tes berupa soal-soal subyektif dan obyektif sedangkan untuk teknik non tes berupa hafalan membaca kitab dan pengamatan ustadz dari kitab-kitab peserta didik keaktifan dan keseharian peserta didik selama proses pendidikan yang ada di MMH. Sedangkan penilaian untuk ustadz sendiri dilihat dari segi keberhasilan dari pelaksanakan pendidikan yang ada di MMH dan juga dari tingkat keaktifan dan kehadiran ustadz dalam proses pendidikan yang ada di MMH. Evaluasi pendidikan yang dilaksanakan di MMH melalui beberapa proses yaitu perencanaan pelaksanaan pengolahan dan pelaporan hasil evaluasi pendidikan. Perencanaan evaluasi pendidikan yang dilaksanakan di MMH adalah sebelum pelaksanaan imtihan (ujian). Perencanaan tersebut dilaksanakan secara musyawarah yang di pimpin oleh Kepala MMH dilaksanakan secara continue atau berkesinambungan berangkat dari data berdasar pada tujuan dari pendidikan yang ada di MMH. Pelaksanaan evaluasi pendidikan yang ada di MMH dalam menilai para santri (siswa) tidak hanya melihat dari sisi kognitif tetapi juga melihat dari sisi afektif dan psikomotorik santri dengan menggunakan sistem penilaian acuan patokan dan penilaian acuan norma. Pengolahan evaluasi pendidikan yang ada di MMH yaitu dilaksanakan secara musyawarah dan melihat data-data yang terkumpul dalam pelaksanaan evaluasi pendidikan. Setelah data-data terkumpul baru diberikan skor kemudian dijadikan nilai kriteria berdasarkan penilaian acuan patokan dan penilaian acuan norma. Dalam pengolahan tersebut apabila melihat dari segi santri pengolahan evaluasi pendidikan yang ada di MMH mulai dari keseharian para santri (N1) ujian tengah semester (N2) dan ujian akhir semester para santri (N3) selama mengikuti proses pendidikan yang ada di MMH dengan rumus N1 N2 N3/3. Pelaporan evaluasi pendidikan yang ada di MMH yaitu dalam bentuk KHS (kartu hasil study) catatan mengenai keberhasilan proses pendidikan dan rekapitulasi dari beberapa dokumen yang diperlukan dalam proses pelaporan. Pelaporan hasil evaluasi pendidikan yang ada di MMH adalah proses mengkomunikasikan segala bentuk atau aspek yang dinilai selama proses pendidikan. Faktor penghambat teknik evaluasi pendidikan di MMH (1) sistem administrasi dalam melaksanakan evaluasi pendidikan kurang lengkap dan kurang ketat dan (2) ustadz dan pengurus memiliki kesibukan lain di luar pondok. Sedangkan faktor pendukung dari pelaksanaan evaluasi pendidikan yang ada di MMH (1) banyaknya tenaga profesional yang mampu melaksanakan evaluasi pendidikan dengan baik dan administratif (2) tersedianya media yang digunakan dalam pelaksanaan evaluasi pendidikan yang ada di MMH dan (3) banyak tenaga profesional yang ada di madrasah yang bekerja dan pernah menuntut ilmu di lembaga pendidikan tinggi. Solusi dari faktor penghambat tersebut adalah (1) selalu mengadakan musyawarah (2) kepala madrasah selalu memberikan motivasi dan control dan (3) memanfaatkan SDM (sumber daya manusia) yang profesional yang berada di MMH.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |