Pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Gending-Probolinggo tahun pelajaran 2011/2012 / Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Gending-Probolinggo tahun pelajaran 2011/2012 / Puji Lestari

Lestari, Puji (2013) Pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Gending-Probolinggo tahun pelajaran 2011/2012 / Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Puji. 2011. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMA Negeri 1 Gending Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M. Ed. (II) Hj. Yuli Widi Astuti S. E. M. Si. Ak. Kata Kunci Kebiasaan Belajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar Siswa Keberhasilan seorang siswa dalam menguasai pelajaran di sekolah tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut bisa dari dalam diri maupun luar diri siswa. Faktor dari dalam diri siswa diantaranya kebiasaan belajar dan motivasi belajar. Seperti halnya kebiasaan belajar dengan memiliki cara belajar yang baik maka tercapai prestasi belajar yang diharapkan. Cara belajar yang baik adalah suatu kecakapan yang dimiliki oleh setiap siswa dengan jalan latihan dalam usaha belajarnya sehingga menjadi kebiasaan yang melekat pada diri siswa dalam berbuat dan bertindak yang dilakukan secara terus menerus atau berulang-ulang melalui proses belajar mengajar yang bersifat tetap. Dengan memiliki kebiasaan belajar yang baik maka setiap usaha belajar akan memberikan hasil yang memuaskan. Motivasi belajar sangat berperan dalam rangka pencapaian tujuan belajar. Tanpa adanya motivasi dari dalam diri siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh maka ia tidak akan dapat mencapai tujuan belajar. Tujuan tersebut yaitu pencapaian prestasi yang maksimal. Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebiasaan belajar motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gending. Serta menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gending . Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket untuk memperoleh data variabel bebas yaitu kebiasaan belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y) yang berupa nilai rata-rata raport. Populasinya adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gending. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan kebiasaan belajar motivasi belajar dan prestasi belajar. Sedangkan analisis regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun simultan. . Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian sebagai berikut Analisis persentase dari 50 siswa menunjukkan bahwa sebesar 48% responden (24 siswa) memiliki kebiasaan belajar yang cukup 62% responden (31 siswa) memiliki motivasi belajar yang sangat baik 86% responden (43 siswa) memiliki prestasi belajar dengan kriteria nilai lulus cukup. Analisis regresi linier berganda diperoleh hasil sebagai berikut secara parsial dapat diketahui bahwa variabel kebiasaan belajar (X1) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y) karena terbukti nilai Sig-t ii 0 000 0 05 dan variabel motivasi belajar (X2) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y) karena terbukti nilai Sig t 0 028 0 05. Dari uji regresi linear berganda diketahui bahwa variabel kebiasaan belajar dan motivasi belajar secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gending. Hal ini dibuktikan dengan hasil regresi antara pengaruh kebiasaan belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gending yang bernilai Sig-f 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34657

Actions (login required)

View Item View Item