Widuri, Nabila Ekaputri (2024) Pengembangan LKPD berbasis etnomatematika Sidoarjo Kelas XI materi dilatasi / Nabila Ekaputri Widuri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan membantu memahami fenomena alam dengan kebutuhan yang terus meningkat. Pembelajaran matematika yang efektif memerlukan partisipasi aktif peserta didik dan dukungan media pembelajaran berbasis teknologi untuk visualisasi konsep abstrak. Namun banyak hambatan dalam pembelajaran matematika yang memerlukan penggunaan media yang tidak hanya mengasah keterampilan tetapi juga membantu pemahaman konsep. Penerapan kurikulum Merdeka di sekolah memberi kebebasan bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang memuaskan termasuk integrasi etnomatematika dalam media pembelajaran. Etnomatematika menghubungkan konsep matematika dengan budaya lokal seperti batik dan candi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian menunjukkan peserta didik masih kesulitan dalam memahami konsep geometri seperti dilatasi sehingga pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis etnomatematika sangat diperlukan. Integrasi budaya dalam pembelajaran matematika dapat membuat kegiatan lebih bermakna dan mengubah pandangan bahwa matematika tidak ada kaitannya dengan budaya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan hasil pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis etnomatematika Sidoarjo kelas XI materi dilatasi yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian research and development (R amp D) atau penelitian dan pengembangan. Pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis etnomatematika Sidoarjo materi dilatasi kelas XI sekolah menengah atas ini memanfaatkan model pengembangan Dick dan Carey. Model pengembangan ini terbentuk menjadi 10 tahapan yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) melakukan analisis peserta didik (4) menetapkan tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan tes (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar (8) mengembangkan dan melakukan evaluasi formatif (9) melakukan revisi berdasarkan umpan balik dan (10) mengembangkan dan melakukan evaluasi sumatif. Peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo kelas XI-1 sebanyak 34 orang yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah wawancara observasi angket tes masalah matematika dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah alur tujuan pembelajaran modul ajar lembar kegiatan peserta didik soal kuis angket respon guru angket respon peserta didik lembar observasi guru lembar observasi peserta didik dan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kegiatan peserta didik berbasis etnomatematika Sidoarjo untuk kelas XI pada materi dilatasi dinyatakan layak karena memenuhi kriteria validitas kepraktisan dan efektivitas. Hasil kevalidannya mencapai 100% untuk alur tujuan pembelajaran modul ajar dan angket respon peserta didik serta guru dengan lembar kegiatan peserta didik 96% soal kuis 95% dan lembar observasi 100%. Selain hasil berupa data tersebut pada penelitian ini peneliti juga memperoleh catatan perbaikan dan saran oleh validator pada lembar kegiatan peserta didik dan soal kuis. Catatan perbaikan dan saran oleh validator pada lembar kegiatan peserta didik adalah pada halaman keenam pada lembar kegiatan peserta didik pertemuan 1 dan halaman kedelapan lembar kegiatan peserta didik pertemuan 2 tidak dibuat titik-titik tetapi dibuat pernyataan. Selain itu kesimpulan pada lembar kegiatan peserta didik pertemuan 1 halaman 9 lebih baik dibuat menjadi tabel saja. Catatan perbaikan dan saran pada soal kuis adalah pada soal nomor 2 jangan berikan alternatif jawaban dalam bentuk gambar biarkan peserta didik menjawab versi mereka masing-masing. Hasil kepraktisan angket respon peserta didik mencapai 92% dan 100% untuk angket respon guru serta lembar observasi kegiatan peserta didik dan guru. Selain hasil berupa data tersebut pada penelitian ini peneliti juga memperoleh catatan perbaikan komentar atau saran yang diberikan oleh perserta didik diantaranya adalah lembar kerja peserta didik disusun dengan rapi dan terstruktur serta materi yang disampaikan mudah dipahami. Selain membantu proses belajar lembar kerja peserta didik ini juga mengenalkan motif geometris yang ada di Sidoarjo sehingga sangat baik diterapkan dalam pembelajaran. Secara keseluruhan sudah bagus tetapi ada beberapa soal yang instruksinya kurang jelas. Materi dapat diperluas lagi dengan mencakup refleksi translasi dan rotasi tidak hanya dilatasi. Pengembangan lebih lanjut juga bisa dilakukan untuk model pembelajaran berikutnya agar lebih menarik perhatian peserta didik selama kegiatan belajar mengajar. Perlu juga diperhatikan kesalahan ketik yang ada. Secara keseluruhan lembar kerja peserta didik ini sudah bagus dan mudah dipahami sehingga dapat menyegarkan kembali materi mengenai dilatasi dan memahaminya dengan lebih baik. Hasil keefektivitannya terlihat dari 97% peserta didik yang tuntas dalam penuntasan soal kuis menunjukkan bahwa instrumen tersebut efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346523 |
Actions (login required)
View Item |