Fitriyyah, Aslihatul (2024) Pengembangan instrumen asesmen berpikir kreatif pada materi bangun datar / Aslihatul Fitriyyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir kreatif sangat penting untuk diukur dan dikembangkan. Dalam konteks pendidikan kemampuan berpikir kreatif membantu peserta didik menjadi sebuah inovator di masa depan sehingga kemampuan berpikir kreatif menjadi pengaruh besar dalam suatu negara. Selain itu berpikir kreatif berperan penting dalam proses pembelajaran di Indonesai salah satunya yaitu untuk menyelesaikan soal matematika hal ini merupakan salah satu interpretasi dari kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan sesuai dengan tujuan pendidikan di Indonesia. Namun di Indonesia kemampuan berpikir kreatif masih tergolong rendah. Kemampuan berpikir kreatif masih tergolong rendah salah satunya disebabkan oleh kemampuan guru masih rendah dalam mengembangkan sebuah instrumen sehingga peserta didik masih belum terbiasa mengerjakan soal soal berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and pesertament) menggunakan model pengembangan 4D (define design develop disseminate) oleh Thiagarajan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Lab UM Malang dengan subjek penelitian 67 peserta didik. Langkah awal yang adalah define(pendefinisian) dalam tahap pendefinisian peneliti melakukan observasi dengan melakukan wawancara tidak terstruktur dan menganalisis capaian pembelajaran di kelas VIII. Serta menyusun konsep instrumen yang dikembangkan dengan mendefinisikan indikator kemampuan berpikir kreatif menurut Guilford. Setelah mendefinisikan instrumen yang dikembangkan langkah selanjutnya yaitu design (perancangan) dalam tahap merancang ini peneliti membuat format produk yang dikembangkan antara lain instrumen tes rubrik penskoran dan alternatif jawaban. Setelah merancang produk yang dikembangkan selanjutnya peneliti masuk pada tahap develop (pengembangan) dalam tahap ini peneliti melakukan validasi produk yang telah dirancang kepada validator ahli. Setelah melakukan validasi produk peneliti melaksanakan revisi sesuai arahan dari validator ahli. Selanjutnya peneliti melaksanakan uji coba produk kepada 67 peserta didik kelas VIII yang telah mendapatkan materi bangun datar. Berlandaskan data hasil uji coba peneliti menganalisis data sesuai kebutuhan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan kepraktisan dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil analisis dihasilkan produk penelitian yang valid dengan nilai kevalidan 3 54 untuk tes kemampuan berpikir kreatif dan 3 71 untuk rubrik penskoran. Produk penelitian juga dinyatakan praktis dengan persentase praktis 63 8%. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif materi bangun datar dinyatakan valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346520 |
Actions (login required)
View Item |