Viantasari, Erwinda (2024) Number sense siswa sma ditinjau dari kecemasan matematika / Erwinda Viantasari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Number sense adalah kemampuan dalam memahami bilangan operasi pada bilangan dan menerapkan kemampuan tersebut dalam konteks masalah serta memgembangkan strategi secara fleksibel dalam membuat keputusan matematika. Number sense memuat tiga komponen yaitu pengetahuan tentang bilangan yang terdiri atas empat indikator (1) kepekaan terhadap keterurutan pada bilangan (2) kepekaan terhadap representasi lain dari bilangan (3) pemahaman tentang besaran yang relatif dan mutlak dari suatu bilangan dan (4) penggunaan kemampuan yang dimiliki untuk memperkirakan suatu keadaan yang berbeda (system of benchmarks) pengetahuan tentang operasi pada bilangan yang terdiri atas tiga indikator (1) pemahaman tentang efek operasi bilangan (2) pemahaman tentang sifat-sifat operasi bilangan dan (3) pemhaman tentang hubungan antar operasi bilangan serta penerapan pengetahuan tentang bilangan dan operasinya yang terdiri atas empat indikator (1) pemahaman tentang hubungan antara konteks masalah dengan perhitungan yang dibutuhkan (2) kesadaran adanya berbagai strategi pemecahan masalah (3) kecenderungan untuk menggunakan representasi atau metode yang efisien dan (4) kesadaran untuk meninjau kembali data dan hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan number sense siswa SMA ditinjau dari kecemasan matematika. Data yang dikumpulkan yaitu hasil tes number sense hasil angket kecemasan matematika dan hasil wawancara. Penelitian dilaksanakan di kelas X-F yang terdiri atas 27 siswa dan XI-G yang terdiri atas 32 siswa SMA Negeri 3 Malang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil tes number sense terdapat 15 siswa kelas XI-F dan 13 siswa siswa kelas XI-G yang menunjukkan kemunculan ketiga komponen number sense pada hasil tes number sense. Selanjutnya diberikan angket kecemasan matematika kepada 28 siswa tersebut lalu diperoleh terdapat 9 siswa dengan kecemasan matematika rendah 16 siswa dengan kecemasan matematika sedang dan 3 siswa dengan kecemasan matematika tiinggi. Selanjutnya dipilih 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dari masing-masing kategori kecemasan matematika dengan kemampuan komunikasi terbaik untuk menjadi subjek penelitian. Lalu dilakukan wawancara untuk menggali lebih mendalam mengenai hasil jawaban tes kepada subjek penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kecemasan matematika rendah berhasil memenuhi semua komponen number sense subjek dengan kecemasan matematika sedang berhasil memenuhi dua dari tiga komponen number sense yaitu komponen kedua dan komponen ketiga sedangkan subjek dengan kecemasan matematika tinggi gagal dalam memenuhi semua komponen number sense.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346519 |
Actions (login required)
View Item |