Wijayani, Artika (2012) Pengelolaan dana pendidikan pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) (studi kasus di SMP Negeri 1 Kesamben Blitar) / Artika Wijayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengelolaan dana dana pendidikan rintisan sekolah bertaraf internasional. Maraknya globalisasi yang menuntut daya saing tiap negara termasuk daya saing tiap daerah diharapkan akan tercapai melalui peningkatan kemandirian tiap daerah. Kehadiran undang-undang otonomi daerah memberikan peluang lebih besar bagi daerah untuk mengelola pendidikan secara mandiri sesuai dengan kesiapan daerah bersangkutan. Dalam meningkatkan mutu pedidikan pembiayaan pendidikan merupakan salah satu bahan kajian yang penting dalam memperbaiki kualitas pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut penyelenggaraan pendidikan bertaraf internasional diharapkan dapat memberikan solusi terhadap tuntutan perkembangan era globalisasi. Berdasarkan uraian tersebut fokus penelitian terkait pengelolaan dana pendidikan pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMP Negeri 1 Kesamben mencakup (1) sumber-sumber pembiayaan pendidikan (2) penggunaan sumber pembiayaan pendidikan (3) audit manajemen pembiayaan pendidikan dan (4) peran komite sekolah dalam pembiayaan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dirancang dengan menggunakan rancangan studi kasus karena pada penelitian ini menggunakan kasus khusus untuk menggambarkan suatu isu atau perhatian yang strategis. Strategisnya penelitian ini terletak pada pentingnya pengelolaan dana pendidikan pada RSBI di SMP Negeri 1 Kesamben. Peneliti berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah penanggungjawab program RSBI bendahara sekolah kepala tata usaha dan komite sekolah. Sumber data yang digunakan dalam penlitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian pada saat wawancara dan dokumen yang berkaitan dengan pembiayaan pendidikan di SMP Negeri 1 Kesamben. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data mengorganisasikan data dan menarik kesimpulan. Hasil analisis data selanjutnya di cek keabsahannya melalui pemeriksaan triangulasi pengecekan anggota pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi dan kecukupan referesial. Kesimpulan penelitian adalah (1) Sumber pendanaan untuk pembiayaan pendidikan di SMP Negeri 1 Kesamben terdiri dari tiga sumber dana yaitu (a) pemerintah baik pemerintah pusat pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten (b) komite sekolah/PSM dari orangtua siswa yang diwujudkan dalam bentuk SPP dan (c) dana lain. Sumber dana dari Komite Sekolah melalui Peran Serta Masyarakat (PSM) di SMP Negeri 1 Kesamben merupakan sumber dana terbesar yang mana keberadaannya konsisten di setiap tahunnya apabila dibandingkan dengan sumber dana yang lain. Dana PSM dihimpun dari orangtua siswa yang diwujudkan dalam bentuk Sumbangan Pembiayaan Pendidikan (SPP) (2) Dalam analisis sistem penyelenggaraan pendidikan dana pendidikan digunakan untuk memenuhi delapan aspek SNP yang selanjutnya disebut dengan pemenuhan Indikator Kinerja Kunci Minimal (IKKM) dan memenuhi dimensi-dimensi keinternasionalan atau x -nya dari SNP yang selanjutnya disebut dengan pemenuhan Indikator Kinerja Kunci Tambahan (IKKT). Pengelolaan dana di SMP Negeri 1 Kesamben dilakukan dengan sistem pendanaan silang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Hal ini berarti kebijakan anggaran mengarah pada sistem bottom up dimana sistem pendistribusian anggaran didasarkan atas program yang dibuat pada masing-masing sasaran dan sesuai dengan prioritas anggaran (3) Audit manajemen pembiayaan pendidikan di SMP Negeri 1 Kesamben dilakukan oleh auditor internal dan eksternal . Auditor internal yaitu kepala sekolah. Sedangkan auditor eksternal antara lain Badan Pengawas Daerah (Bawasda) Badan Pengawas Keuangan dan Direktorat SMP. Dimana ruang lingkup audit meliputi seluruh aspek manajemen dan berkisar pada bukti-bukti transaksi serta akuntansi yang ada. Hasil audit selanjutnya digunakan sebagai laporan pertanggungjawaban kepada stakeholders dan (4) Peran komite sekolah dapat digolongkan ke dalam empat jenis peranan komite yaitu yaitu sebagai (a) advisory agency antara lain memberikan masukan dan pertimbangan kepada sekolah dalam penyusunan APBS (b) supporting agency antara lain mendorong orangtua siswa untuk berpartisipasi dalam pendidikan dan memotivasi orangtua siswa dalam melaksanakan kebijakan pendidikan sekolah (c) controlling agency antara lain melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan program penyelenggaraan dan hasil pembiayaan pendidikan dan (d) mediator yaitu membina hubungan dan kerjasama yang harmonis dengan seluruh stakeholders. Saran ditujukan untuk (1) Kepala sekolah diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kerjasama dengan komite sekolah khususnya pembiayaan pendidikan (2) Komite sekolah sebaiknya bisa meningkatkan perannya sebagai supporting agency dalam hal finansial yaitu dengan memperbanyak mitra kerja yang bisa ikut berpartisipasi mendukung jalannya program RSBI membangun networking antara alumni sekolah yang sudah sukses sebagai donator sekolah (3) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar seyogyanya dapat memberikan kepastian alokasi anggaran setiap tahunnya kepada sekolah sehingga hal ini nantinya dapat mempermudah perencanaan dan pelaksanaan anggaran pendidikan di sekolah dalam upaya memenuhi tuntutan mutu pendidikan pada RSBI dan (4) Peneliti lain yang berminat melakukan penelitian terkait pengelolaan pembiayaan pendidikan atau sejenisnya dengan perspektif yang berbeda dapat mengembangkan penelitian ini pada fokus administrasi pembiayaan pendidikan pada tingkat sekolah. Hal ini dikarenakan konsep manajemen pembiayaan pendidikan ini merupakan tonggak dari keberhasilan manajemen pendidikan yang lainnya sehingga penting untuk diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3465 |
Actions (login required)
View Item |