Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan program Adobe Flash pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan penilaian persediaan dan perhitungan harga pokok penjualan untuk siswa SMA / Egar Tri Hanggarayana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan program Adobe Flash pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan penilaian persediaan dan perhitungan harga pokok penjualan untuk siswa SMA / Egar Tri Hanggarayana

Hanggarayana, Egar Tri (2013) Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan program Adobe Flash pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan penilaian persediaan dan perhitungan harga pokok penjualan untuk siswa SMA / Egar Tri Hanggarayana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hanggarayana Egar Tri. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Program Adobe Flash pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Penilaian Persediaan dan Perhitungan Harga Pokok Penjualan Untuk Siswa SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tuhardjo SE M.Si Ak Pembimbing (II) Triadi Agung Sudarto SE M.Si Ak. Kata Kunci Media Pembelajaran Adobe Flash Persediaan Harga Pokok Penjualan Guru sering dihadapkan pada situasi dimana siswa merasa jenuh atau kurang termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran akuntansi materi penilaian persediaan dan perhitungan harga pokok penjualan sehingga siswa akan kesulitan untuk menerima materi yang di sampaikan guru. Dari observasi yang dilakukan penulis atau pengembang media di SMAN 1 Sambelia siswa lebih tertarik atau termotivasi pada media yang menampilkan visualisasi yang menarik. Pada materi penilaian persediaan dan perhitingan harga pokok penjualan dibuat dalam bentuk satu media pembelajaran yang dapat menampilkan visualisasi mengunakan program Adobe Flash. Pengembangan media Adobe Flash ini diharapkan proses pembelajaran akan lebih menarik efektif dan efisien. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Adobe Flash untuk mata pelajaran akuntansi pokok bahasan penilaian persediaan dan penghitungan harga pokok penjualan. Pengembangan ini menggunakan model Pengembangan Sadiman dengan tahapan-tahapan meliputi 1) tahap analisis materi 2) tahap pengembangan sinopsis 3) tahap penyusunan naskah 4) tahap produksi media 5) tahap validasi media 6) tahap test/uji coba 7)tahap evaluasi dan revisi media 8) tahap akhir. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media ahli materi dan responden uji coba. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode deskriptif prosentase dengan mengubah data kuantitatif menjadi persentase. Hasil pengembangan secara keseluruhan hasil validasi ahli materi memiliki sekor 26 dengan tingkat kelayakan 86% sehingga berdasarkan kriteria kelayakan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang di kembangkan layhak/tidak revisi. Hasil validasi ahli media memiliki sekor 23 dengan tingkat kelayakan 76% sehingga berdasarkan keriteria kelayakan sapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak/tidak revisi. Hasil uji coba media memiliki sekor 1274 dengan tingkat kelayakan 87% sehingga berdasarkan criteria kelayakan prodak dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang di kembangkan layak/tidak revisi dan tidak dilakukan uji coba ulang. Revisi yang di lakukan yaitu perbaikan tombol yang tidak berfungsi penulisan kata yang masih salah perbaikan materi dan suara/audio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34649

Actions (login required)

View Item View Item