Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi di SMA Negeri 6 Malang / Zainu Dwi Iswara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi di SMA Negeri 6 Malang / Zainu Dwi Iswara

Iswara, Zainu Dwi (2013) Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi di SMA Negeri 6 Malang / Zainu Dwi Iswara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iswara Zainu Dwi. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Jurnal Penutup Perusahaan Jasa Berbasis Prezi di SMA Negeri 6 Malang Skripsi. Juruasan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari S.Pd M.M (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Pengembangan media media berbasis prezi jurnal penutup perusahaan jasa Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 6 Malang diketahui bahwa proses pembelajaran di sekolah tersebut masih bersifat verbalis dan berpusat pada guru. Pembelajaran yang terkesan konvensional tersebut selain kurang maksimal dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa juga terasa membosankan sehngga dapat mengakibatkan siswa merasa sukar dalam memahami materi yang diberikan guru. Hal ini berdampak pada hasil ulangan sebagian siswa yang tidak mencapai nilai SKM yang ditentukan sebesar 75. Mempertimbangkan unsur kebosanan tersebut maka perlu digunakan suatu media yang dapat menarik perhatian siswa. Model pembelajaran dengan menggunakan media berbasis prezi bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model Borg and Gall yang dilaksanakan mulai bulan Februari sampai April 2013. Validasi media pembelajaran berbasis prezi dilakukan oleh dua validator yaitu ahli materi dan ahli media dan dari segi pengguna dinilai oleh siswa sebanyak 20 siswa dalam uji coba lapangan terbatas. Pada saat megukur efektifitas media digunakan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas 2 kali pertemuan. Hasil data yang diperoleh baik dari proses validasi maupun proses uji coba produk dihitung dengan SPSS versi 16. Berdasarkan hasil analisis keseluruhan validasi diperoleh dari ahli materi dengan rata-rata presentase 91 62% ahli media diperoleh nilai rata-rata persentase 92 31% dan uji coba lapangan terbatas diperoleh nilai rata-rata sebesar 90 5% sehingga rata-rata keseluruhan sebesar 91 48% dan dapatdisimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis prezi dalam materi jurnal penutuup perusahaan jasa yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan. Hasil uji T-Test Independen Sample Gainscore adalah sebesar 0 035 sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil peningkatan belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat membuat produk yang lebih interaktif dan menarik dengan materi yang berbeda. Untuk pemanfaatan di dalam kelas juga perlu dipersiapkan semua sebelumnya supaya pengoperasian media pembelajaran bisa berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34648

Actions (login required)

View Item View Item