Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK PGRI 1 Tulungagung / Evi Retni Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK PGRI 1 Tulungagung / Evi Retni Wulandari

Wulandari, Evi Retni (2013) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK PGRI 1 Tulungagung / Evi Retni Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulandari Evi Retni. 2013. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru dan Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK PGRI 1 Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. H. Tuhardjo S.E M.Si. Ak. (2) Ika Putri Larasati S.E. M.Com Kata Kunci Kompetensi Profesional Guru Pemanfaatan Media Pembelajaran Motivasi belajar 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan faktor yamg sangat penting untuk menunjang berdirinya suatu bangsa. Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan dan mengembangkan manusia seutuhnya maka dibutuhkan peran pendidik yang profesional. Terdapat banyak sekali komponen yang menentukan tingkat kualitas pendidikan. Salah satu komponen yang dimaksud adalah guru. Guru merupakan faktor utama yang menentukan pendidikan yang bermutu. Oleh karena itu guru dituntut untuk lebih mengembangkan kompetensi yang dimilikinya dan memanfaatkan media pembelajaran sebagai sarana penyalur informasi dalam kegiatan proses belajar mengajar. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kompetensi profesional guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa serta mengetahui variabel yang paling dominan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK PGRI 1 Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 145 siswa dan siswa tersebut diambil 60 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Teknik analisis yang dipakai adalah analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa sehingga kompetensi profesional guru dapat dijadikan salah satu tolok ukur untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini menandakan bahwa kompetensi profesional guru merupakan pemicu dalam keberhasilan mencapai motivasi belajar. Pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar namun karena nilai koefisien regresi yang kecil maka pemanfaatan media pembelajaran belum bisa dijadikan faktor utama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK PGRI 1 Tulungagung. Hal ini menandakan bahwa pemanfaatan media pembelajaran bukan merupakan pemicu utama dalam keberhasilan mencapai motivasi belajar. Kompetensi profesional guru mempunyai pengaruh yang dominan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK PGRI 1 Tulungagung. Hal ini menandakan bahwa kompetensi profesional guru merupakan pemicu terbesar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34642

Actions (login required)

View Item View Item