Rahayu, Oktaviani (2013) Pengaruh kecerdasan emosional dan persepsi siswa tentang keterampilan guru memberi variasi mengajar terhadap hasil belajar akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan / Oktaviani Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahayu Oktaviani. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Persepsi Siswa tentang Keterampilan Guru Memberi Variasi Mengajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Kecerdasan Emosional Persepsi Siswa tentang Keterampilan Guru Memberi Variasi Mengajar Kepercayaan Diri Hasil Belajar Akuntansi 12288 12288 12288 12288 Proses belajar mengajardalam berbagai aspeknya sangat berkaitan dengan kecerdasan emosional siswa dan persepsi siswa tentang keterampilan guru memberi variasi mengajar. Dengan kecerdasan emosional tersebut seorang siswa akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya dan berhubungan dengan orang lain. Demikian juga keberhasilan seorang siswa akan dalam kegiatan belajar mengajar dapat di pengaruhi oleh salah satu faktor yaitu persepsi siswa terhadap keterampilan guru memberi variasi pengajarannya meliputi variasi dalam gaya mengajar interaksi dan variasi media yang digunakan sehingga siswa dapat meningkatkan semangat belajar untuk meraih hasil belajar yang optimal. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan persepsi siswa tentang keterampilan guru memberi variasi mengajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa secara langsung dan tidak langsung. Kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi menjadi variabel yang dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara kecerdasan emosional dan persepsi siswa tentang keterampilan guru memberi variasi mengajar terhadap hasil belajar Akuntansi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi yang bertujuan untuk menguji hubungan antatr variabel. Populasi adalah siswa kelas X jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjum lah 106 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 85 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data kecerdasan emosional dan persepsi siswa tentang keterampilan guru memberi variasi mengajar melalui kepercayaan diri di peroleh dari data primer yakni dengan teknik kuesioner (angket) dan teknik analsisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akuntansi baik secara langsungh dan tidak langsung melalui kepercayaan diri. Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru memberi variasi mengajar terhadap hasil belajar akuntansi baik secara langsung dan tidak langsung melalui kepercayaan diri. Disarankan kepada pihak sekolah agar tetap memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa Akuntansi dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar akuntansi yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34641 |
Actions (login required)
View Item |