Handoko, Daiyinta Condroning Pawestri (2013) Pengembangan modul akuntansi berbasis pembelajaran kontekstual untuk kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Madiun / Daiyinta Condroning Pawestri Handoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Handoko Daiyinta C. P. 2013. Pengembangan Modul Akuntansi Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Madiun. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Dr. Suparti M.P. Kata Kunci Modul pembelajaran kontekstual akuntansi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 2 Madiun terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran akuntansi salah satunya adalah kurangnya materi akuntansi dalam bahan ajar yang dipergunakan. Peserta didik hanya menggunakan LKS sebagai satu-satunya bahan ajar dan menerima materi hanya saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu diperlukan pengembangan bahan ajar untuk menunjang proses pembelajaran yang juga dapat mengajak siswa untuk dapat belajar secara aktif dan mandiri. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk modul berbasis pembelajaran kontekstual yang telah melalui proses validasi sehingga dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri. Modul pembelajaran kontekstual dikembangkan dengan mengaitkan materi yang diajarkan yaitu menyusun laporan keuangan perusahaan jasa dan situasi nyata peserta didik dengan memberikan contoh kasus dan tugas dalam perusahaan jasa yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Sehingga diharapkan dapat memotivasi peserta didik untuk belajar mandiri dan membuat pembelajaran lebih bermakna. 12288 12288 12288 12288 Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Jenis angket yang digunakan yaitu menggunakan angket tertutup yang menghasilkan jenis data kuantitatif yang berupa skor hasil evaluasi penilaian terhadap modul pembelajaran yang menggunakan skala Likert. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif presentase. Skor presentase 82 4% dari validasi ahli materi 96 875% dari validasi ahli pengembangan bahan ajar dan 88 83333 dari uji coba lapangan terbatas. Sehingga secara keseluruhan didapatkan skor presentase sebesar 89 36% dan disimpulkan bahwa modul laporan keuangan perusahaan jasa berbasis pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran akuntansi sekolah menengah atas kelas XI IPS semester 2 dinyatakan valid atau layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru memberikan alokasi waktu yang cukup dalam mempelajari modul dengan kondisi sekolah perlunya penambahan integrasi muatan pembelajaran kontekstual dalam modul serta adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektifitas penggunaan modul pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran akuntansi sekolah menengah atas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34640 |
Actions (login required)
View Item |