Manajemen pendidikan dan pelatihan prajabatan golongan II bagi calon pegawai negeri sipil angkatan 642/643 tahun 2012 (Studi kasus di Badan Pendidikan dan Latihan Propinsi Jawa Timur) Dimas Agustian Eko Yusanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pendidikan dan pelatihan prajabatan golongan II bagi calon pegawai negeri sipil angkatan 642/643 tahun 2012 (Studi kasus di Badan Pendidikan dan Latihan Propinsi Jawa Timur) Dimas Agustian Eko Yusanto

Yusanto, Dimas Agustian Eko (2012) Manajemen pendidikan dan pelatihan prajabatan golongan II bagi calon pegawai negeri sipil angkatan 642/643 tahun 2012 (Studi kasus di Badan Pendidikan dan Latihan Propinsi Jawa Timur) Dimas Agustian Eko Yusanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen diklat pegawai Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur utama Sumber Daya Manusia (SDM). Sebagai aparatur negara mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut yaitu PNS yang mempunyai kompetensi antara lain diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara bermoral dan bermental baik profesional sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk membentuk itu semua organisasi pemerintahan maupun instansi-instansi terkait memerlukan suatu manajemen Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang baik. Manajemen Diklat yaitu suatu proses pembelajaran dalam organisasi yang mengarah pada perubahan sikap dan perilaku pegawai memenuhi harapan kualifikasi kerja dan tuntutan perkembangan organisasi baik internal maupun eksternal. Diklat Prajabatan sangatlah dibutuhkan oleh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang ingin meningkatkan jenjang karir di sisi lain dapat memperoleh pengetahuan/keterampilan dan keahlian yang nantinya dapat diterapkan dalam bekerja serta mendukung karirnya sehingga mampu meningkatkan kinerjanya dalam rangka pengembangan organisasi. Fokus Penelitian ini 1) bagaimana perencanaan Diklat Prajabatan bagi CPNS di Badan Diklat Propinsi Jawa Timur 2) bagaimana pelaksanaan diklat Prajabatan bagi CPNS di Badan Diklat Propinsi Jawa Timur 3) bagaimana penilaian/pengevaluasian Diklat Prajabatan bagi CPNS di Badan Diklat Propinsi Jawa Timur. Tujuan penelitian ini 1) mengetahui perencanaan Diklat Prajabatan bagi CPNS di Badan Diklat Propinsi Jawa Timur 2) mengetahui pelaksanaan Diklat Prajabatan bagi CPNS di Badan Diklat Propinsi Jawa Timur 3) Untuk mengetahui penilaian Diklat Prajabatan bagi CPNS di Badan Diklat Propinsi Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan di Badan Diklat Propinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara tidak tersruktur (2) observasi partisipatif aktif dan (3) dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dilakukan melalui tiga cara yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan penelitian sebagai berikut 1) melakukan analisis kebutuhan 2) mengkaji peraturan perundang-undangan 3) mengkaji faktor penunjang dan resiko 4) mengkaji ruang lingkup hasil yang diharapkan 5) merumuskan tujuan 6) menetapkan rincian anggaran dan urutan kegiatan 7) menetapkan waktu lokasi dan penanggung jawab dan 8) menyusun dalam bentuk paper perencanaan. Tahap perencanaan Diklat Prajabatan Golongan II prosesnya 1) permohonan pemanggilan calon peserta Diklat Prajabatan dari Badan Diklat Propinsi Jawa Timur ke Biro Kepegawaian SETDA Propinsi Jawa Timur 2) pemanggilan calon peserta Diklat Prajabatan oleh Biro Kepegawaian SETDA Propinsi Jawa Timur kepada bagian kepegawaian kabupaten/kota serta bagian kepegawaian kanwil dari instansi terkait 3) seleksi administrasi dan akademis calon peserta Diklat Prajabatan dan 4) menyusun surat keputusan penyelenggaraan Diklat Prajabatan dan salinannya disampaikan kepada Gubernur Jawa Timur Depdagri Badan Pengawas Biro Kepegawaian dan Biro Keuangan SETDA Propinsi Jawa Timur. Dalam kegiatan pelaksanaan Diklat Prajabatan Golongan II ini diawali dengan pembukaan Diklat kegiatan pembelajaran baik di dalam ruangan maupun luar ruangan dan terakhir penutupan Diklat. Pengevaluasian/penilaian di Badan Diklat Propinsi Jawa Timur sangatlah luas mulai dari peserta Diklat tenaga pengajar sampai penyelenggara/ panitia. Untuk peserta Diklat penilaian terdiri dari aspek sikap dan perilaku yaitu terdiri atas 1) disiplin 2) kerjasama 3) prakarsa serta aspek penguasaan materi yaitu mencakup bahan ujian tertulis. Aspek tenaga pengajar penilaiannya terdiri atas 1) penguasaan materi 2) sistematika penyajian 3) kemampuan menyajikan 4) ketepatan waktu kehadiran dan menyajikan 5) penggunaan metode dan sarana Diklat 6) sikap dan perilaku 7) cara menjawab pertanyaan dari peserta 8) penggunaan bahasa 9) pemberian motivasi kepada peserta Diklat 10) pencapaian tujuan pembelajaran 11) kerapian berpakaian dan 12) kerjasama antar tenaga pengajar peserta dan penyelenggara. Sedangkan penilaian untuk penyelenggara terdiri atas 1) efektivitas penyelenggaraan 2) ketersediaan bahan ajar Diklat 3) kesiapan sarana Diklat 4) kesesuaian pelaksanaan program dengan rencana 5) ketersediaan dan kelengkapan sarana dan prasarana Diklat 6) kebersihan kelas asrama kafetaria kamar mandi WC dan lain-lain dan 7) ketersediaan fasilitas olah raga dan kesehatan. Saran penelitian ini bagi 1) Kepala Kabid Kepemimpinan Tingkat Dasar dan Tim Penyelenggara Badan Diklat Propinsi Jawa Timur perlu pengembangan berbagai teknik program pelatihan sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai aset/modal dalam organisasi maupun instansi 2) Para peserta Diklat agar selalu senantiasa mengikuti program Diklat dengan sebaik-baiknya sehingga peserta Diklat menjadi PNS yang diharapkan sebagai Aparatur Pemerintah 3) Para Akademisi Jurusan Administrasi Pendidikan untuk mengembangkan Ilmu Manajemen Diklat di dalam Jurusan Administrasi Pendidikan yang nantinya semakin bertambahnya Subtansi Manajemen yaitu Matakuliah Pengembangan Profesi Diklat 4) Peneliti Lain yang melakukan penelitian dengan subjek yang sama dapat menggunakan pendekatan kuantitatif dan lebih mendalam untuk memperoleh data yang komplek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3464

Actions (login required)

View Item View Item