Kurniawati, Khilfi (2013) Pengaruh kemampuan dasar matematika dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMA swasta jurusan IPS se Kecamatan Kepanjen / Khilfi Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurniawati Khilfi. 2013. Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMA Swasta Jurusan IPS Se Kecamatan Kepanjen. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuhardjo S.E M.Si Ak (II) Drs. Sumadi S.E M.M. Kata Kunci kemampuan dasar matematika keaktifan siswa dalam proses pembelajaran hasil belajar akuntansi 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki seseorang setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Pencapaian hasil belajar yang baik tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang memengaruhi hasil belajar tersebut. Begitu juga dengan mata pelajaran akuntansi. Akuntansi adalah salah satu mata pelajaran yang ada di kurikulum SMA dan merupakan mata pelajaran yang sangat erat dengan kemampuan berhitung. Selain itu akuntansi juga merupakan mata pelajaran yang membutuhkan aplikasi atas konsep dan prosedur analitis. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk meneliti pengaruh kemampuan dasar matematika dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta jurusan IPS se Kecamatan Kepanjen Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 190 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 123 siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 19.00 for windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif antara kemampuan dasar matematika terhadap hasil belajar akuntansi dengan thitung (2 713) ttabel (1 97993) dengan probabilitas (0 008) 0 05 pada taraf signifikansi 5%. Ada pengaruh positif antara keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan thitung (2 939) ttabel (1 97993) dengan probabilitas (0 004) 0 05. Ada pengaruh positif antara kemampuan dasar matematika dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan Fhitung (11 557) Ftabel (3 0718) dengan probabilitas (0 000) 0 05. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel kemampuan dasar matematika dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar akuntansi siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi siswa IPS untuk dapat meningkatkan kemampuan matematika dan keaktifan dalam proses pembelajaran (2) bagi guru IPS diharapkan untuk dapat menggunakan beberapa metode pembelajaran yang lebih bervariasi (3) bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti variabel independen yang lain karena masih banyak faktor lain yang memengaruhi hasil belajar akuntansi dan apabila ingin meneliti variabel yang sama disarankan untuk menggunakan rancangan penelitian dengan pendekatan kualitatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34639 |
Actions (login required)
View Item |